Pendaftaran Poltekkes Yogyakarta 2024/2025

http://sipenmaru-pky.poltekkesjogja.ac.id/ Poltekkes Yogyakarta 2024, Pendaftaran Poltekkes Yogyakarta 2024, PMB Poltekkes Yogyakarta 2024, Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekkes Yogyakarta, Pendaftaran Mahasiswa Baru Poltekkes Yogyakarta, Syarat Masuk Poltekkes  Yogyakarta, Cara Pendaftaran Online Poltekkes Yogyakarta, Pendaftaran Poltekkes Yogyakarta, Sipenmaru Poltekkes Yogyakarta, Pendaftaran Poltekkes Jogja 2024.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Poltekkes Yogyakarta 2024/2025, inforamsi yang admin berikan ini bertujuan untuk membantu anda dalam proses pendaftaran anda nantinya. Langsung saja kita simak pembahasan berikut ini.
                                                           
https://www.pendaftaranonlinemahasiswabaru.web.id/
   
Sedikit mengenai Poltekkes Yogyakarta 

Politeknik Kesehatan (POLTEKKES) Yogyakarta berdiri sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Republik Indonesia No.: 298/Menkes-Kessos/SK/IV/2001. POLTEKKES merupakan fugsi dari 6 Akademi Kesehatan Depkes RI yang ada di Yogyakarta yaitu :
  • Akademi Analis Kesehatan Yogyakarta (AKK) di Ngadinegaran.
  • Akademi Gizi Yogyakarta (AKZI) di Banyuraden.
  • Akademi Kebidanan Yogyakarta (AKBID) di Mangkuyudan.
  • Pendidikan Ahli Madya Keperawatan Yogyakarta (PAM Keperawatan) di Banyuraden.
  • Akademi Kesehatan Gigi Yogyakarta (AKG) di Pingit
  • Akademi Kesehatan Lingkungan Yogyakarta (AKL) di Banyuraden.

Lokasi Poltekkes Yogyakarta terletak di Jalan Tatabumi No. 3, Banyuraden, Gamping, Sleman 55293Telp/Fax (0274) 617601 Yogyakarta.

Sebelum anda memasuki bangku kuliah di Poltekkes Yogyakarta, terlebih dahulu anda harus mengetahui Jurusan dan Program Studi yang harus anda pilih nantinya sesuai keinginan anda di Poltekkes Yogyakarta.

Sebelum anda memasuki bangku kuliah di Poltekkes Yogyakarta, terlebih dahulu anda harus mengetahui Jurusan dan Program Studi yang harus anda pilih nantinya sesuai keinginan anda di Poltekkes Yogyakarta.
Baca : Jurusan dan Program Studi Poltekkes Yogyakarta
Ada beberapa jalur yang ada di Poltekkes Yogyakarta diantaranya yaitu jalur PMDP ,jalur Uji Tulis, dan Jalur Mandiri dan Jalur SIMAMA.

Langsung saja admin akan membahas mengenai Jalur-jalur seleksi yang ada di Poltekkes Yogyakarta yaitu sebagai berikut.

1. Pendaftaran Jalur PMDP 

Jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP) bagi lulusan SMA/SMK/MA jurusan IPA yang memiliki prestasi akademik dan prestasi minat & bakat yang tinggi untuk menempuh pendidikan tinggi kesehatan.

Sipenmaru Jalur PMDP adalah jalur seleksi bagi calon mahasiswa baru yang dilakukan berdasarkan seleksi prestasi akademik dan minat bakat. Seleksi Sipenmaru Jalur PMDP terdiri dari:

Prestasi Akademik

Seleksi PMDP berdasarkan Prestasi Akademik dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu:

1. Tahap I : Seleksi berdasarkan kelengkapan berkas administrasi sesuai persyaratan
2. Tahap II : Seleksi berdasarkan nilai kumulatif
3. Tahap III : Seleksi pemeriksaan kesehatan (bagi yang lulus seleksi tahap I dan II)

Seleksi pemeriksaan kesehatan (bagi yang lulus seleksi tahap I dan II)
Bagi peserta yang diterima sebagai calon mahasiswa baru adalah mereka yang lulus seleksi Tahap I, Tahap II dan Tahap III.
  1. Prestasi Minat dan Bakat, meliputi :
  2. Bahasa Inggris
  3. Hafidz/Hafidzah Al Quran
  4. Olahraga atau Seni
  5. Prestasi unggulan lainnya
Seleksi PMDP berdasarkan Prestasi Minat dan Bakat dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu:

Tahap I:Seleksi berdasarkan kelengkapan berkas administrasi sesuai persyaratan
Tahap II:Seleksi berdasarkan nilai kumulatif dan prestasi
Tahap III:Seleksi pemeriksaan kesehatan (bagi yang lulus seleksi tahap I dan II)

(Bagi peserta yang diterima sebagai calon mahasiswa baru adalah mereka yang lulus seleksi Tahap I, Tahap II dan Tahap III).

Program Studi Sipenmaru Jalur PMDP

Program Studi yang dibuka pada penerimaan mahasiswa baru jalur PMDP Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Tahun Akademik 2021/2022 dengan daya tampung sebagai berikut :

Program Studi
  1. DIII Teknologi Laboratorium Medis
  2. DIII Gizi
  3. DIII Kebidanan
  4. DIII Keperawatan (tahun terakhir)
  5. DIII Kesehatan Gigi
  6. DIII Sanitasi
  7. DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
  8. Sarjana Terapan. Teknologi Laboratorium Medis
  9. Sarjana Terapan Gizi Dan Dietetika
  10. Sarjana Terapan Kebidanan +Profesi Bidan
  11. Sarjana Terapan Keperawatan+Ners
  12. Sarjana Terapan Keperawatan Anestesiologi
  13. Sarjana Terapan Terapi Gigi
  14. Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan
Persyaratan Sipenmaru Jalur PMDP

Persyaratan Umum
  • Warga Negara Indonesia
  • Siswa kelas XII SMA/MA Jurusan IPA pada tahun akademik 2022/2023 dan lulusan SMA/MA Jurusan IPA Tahun 2022 (untuk Prestasi Akademik dan Prestasi Minat Bakat)
  • Siswa kelas XII SMK Jurusan Kesehatan dan Jurusan lainnya pada tahun akademik 2023/2024 untuk seleksi Prestasi Minat dan Bakat
  • Nilai pengetahuan pada raport minimal 70 (tujuh puluh) untuk setiap mata pelajaran (matematika, fisika, kimia, biologi) sejak semester I sampai dengan semester V atau setara
  • dengan nilai rata-rata minimal 2,80 (dua koma delapan puluh, kurikulum 2013) pada semester I-V
  • Bila nilai skala 1-4, maka harus dikonversi ke skala 0-100 sesuai peraturan yang berlaku (terlampir)
  • Peserta dari SMK yang memiliki dua nilai mata pelajaran matematika (umum dan peminatan), dapat menginputkan nilai matematika (umum)
  • Tinggi badan minimal 155 cm bagi laki-laki, 150 cm bagi perempuan untuk semua Jurusan kecuali Jurusan Kesehatan Lingkungan dan Prodi Rekam Medis Informasi Kesehatan (RMIK) tinggi badan Putra minimal 153 cm dan Putri minimal 148 cm.
  • Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter pemerintah meliputi sehat fisik, tidak buta warna dan kondisi fisik tidak ada yang mengganggu tugas sebagai tenaga kesehatan), serta tidak hamil bagi perempuan
  • Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk mengikuti seleksi sipenmaru Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Tahun Akademik 2023/2024 Jalur PMDP dan, tidak akan mengundurkan diri jika lulus pada seleksi ini. Khusus bagi yang mengikuti PMDP Prestasi Minat dan Bakat, dilengkapi surat rekomendasi bahwa yang bersangkutan memiliki prestasi sesuai dengan syarat dan ketentuan PMDP Prestasi Minat dan Bakat
  • Dinyatakan Lulus SMA/MA/SMK (bila sudah diterima), bila ternyata tidak Lulus SMA/MA/SMK maka dianggap GUGUR
  • Akreditasi sekolah minimal B, khusus untuk daerah DTPK/3T akreditasi sekolah minimal C
  • Melampirkan Fotokopi KTP, Kartu Keluarga dan Kartu JKN (Jaminan Kesehatan Nasional)/BPJS atau sejenisnya (bagi yang belum memiliki JKN dapat dipenuhi setelah dinyatakan sebagai calon mahasiswa baru Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Tahun Akademik 2023/2024).
Persyaratan Khusus

Prestasi Akademik
  • Memiliki prestasi akademik memuaskan di sekolah
  • Memiliki prestasi sebagai pemenang kompetisi ilmu pengetahuan (bidang akademik) minimal pada tingkat kabupaten yang diperoleh selama berada pada jenjang SMA/MA (dibuktikan dengan sertifikat/piagam/penghargaan yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah
  • Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima bersedia mengikuti Program Kreatifitas Mahasiswa dan kegiatan lainnya baik yang diselenggarakan di tingkat Poltekkes Kemenkes Yogyakarta maupun yang diselenggarakan oleh instansi/lembaga lain untuk mewakili Poltekkes Kemenkes Kemenkes Yogyakarta
Prestasi Minat dan Bakat

Prestasi Bahasa Inggris
  • Memiliki prestasi sebagai pemenang kompetisi bidang bahasa inggris yang diraih minimal pada tingkat kabupaten selama berada pada jenjang SMA/MA sederajat (dibuktikan dengan sertifikat/piagam penghargaan dari instansi yang berwenang yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah)
  • Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima bersedia :
    • mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa English Club,
    • menjadi delegasi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta untuk mengikuti perlombaan di tingkat provinsi, nasional dan internasional
Prestasi Hafidz/Hafidzah Al Quran
    • Hafal Al Quran minimal 5 juz (dibuktikan dengan syahadah dari mursyid/pengasuh)
    • Menyerahkan rekomendasi dari mursyid/pengasuh
    • Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima bersedia :
      • mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa Sentra Kerohanian Islam
      • menjadi delegasi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta untuk mengikuti perlombaan di tingkat provinsi, nasional dan internasional
      • menjaga dan meningkatkan kemampuan hafalan Al Quran
Prestasi Bidang Olahraga atau Seni
  • Memiliki prestasi sebagai pemenang kompetisi bidang Olahraga dan Seni yang diraih minimal pada tingkat kabupaten selama berada pada jenjang SMA/MA sederajat (dibuktikan dengan sertifikat/piagam/penghargaan dari instansi yang berwenang dilegalisir oleh Kepala Sekolah).
  • Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima bersedia:
    • Mengikuti unit kegiatan mahasiswa bidang olah raga atau seni
    • menjadi delegasi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta untuk mengikuti perlombaan di tingkat provinsi, nasional dan internasional
Prestasi unggulan lainnya
  • Memiliki prestasi sebagai pemenang kompetisi bidang Prestasi Unggulan lainnya yang diraih minimal pada tingkat kabupaten selama berada pada jenjang SMA/MA sederajat (dibuktikan dengan sertifikat/piagam penghargaan dari instansi yang berwenang).
  • Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima bersedia:
    • Mengikuti unit kegiatan mahasiswa sesuai dengan prestasi unggulan yang dimiliki
    • menjadi delegasi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta untuk mengikuti perlombaan di tingkat provinsi, nasional dan internasional sesuai unggulan yang dimiliki
(Bagi pendaftar Sipenmaru PMDP dapat mencantumkan prestasi dibidang lain minimal tingkat kabupaten/kota).

Mekanisme Pendaftaran
  • Pendaftar memilih peminatan untuk 1 (satu) program studi
  • Bagi pendaftar yang berminat untuk kelas internasional, wajib melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa inggris dan Bahasa lainnya berupa hasil sertifikat bahasa inggris atau sertifikat bahasa lainnya
  • Pendaftaran dilakukan secara online mulai tanggal 18 Januari - 13 Februari 2023 melalui http://sipenmaru.poltekkesjogja.ac.id/
  • Biaya Pendaftaran Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) (sesuai Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2021) 
Kelengkapan Berkas
  • Raport semester I - V yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
  • Piagam/sertifikat/penghargaan sesuai dengan kategori prestasi yang dimiliki
  • Piagam akreditasi sekolah yang sudah dilegalisir kepala sekolah (mencantumkan nilai akreditasi sekolah).
  • Surat pernyataan (cetak dari sistem)
  • Surat Keterangan kesehatan dari dokter pemerintah meliputi Tinggi Badan (TB), berat badan, tidak buta warna, serta tidak hamil bagi perempuan.
  • Pas foto terbaru ukuran 4x6 cm berwarna, Program Studi D-III latar belakang biru, dan Sarjana Terapan latar belakang merah.
  • Khusus pendaftar PMDP memilih peminatan Kelas Internasional dan Minat Bakat Bahasa Inggris atau Bahasa lainnya wajib melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa inggris/Bahasa lainnya berupa hasil sertifikasi bahasa inggris/Bahasa lainnya.
  • Surat rekomendasi Kepala Sekolah sesuai Jalur PMDP yang diminati
  • KTP/Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, JKN
Jadwal Pelaksanaan Sipenmaru Jalur PMDP
  • Pendaftaran 5 Februari 2024 - 4 Maret 2024
  • Melengkapi Berkas s.d 4 Maret 2024
  • Verifikasi Berkas 5 Februari 2024 – 9 Maret 2024
  • Nominasi 13 Maret 2024
  • Pengumuman 13 Maret 2024
  • Uji Kes + Psikotest 14 - 28 Maret 2024
  • Test Toefl (Peminatan Kelas Internasional) 14 Maret 2024
  • Unggah Ujikes terakhir s.d. 18 Maret 2024
  • Nominasi Ujikes 22 Maret 2024
  • Pengumuman Akhir 22 Maret 2024
  • Daftar Ulang 23 - 25 Maret 2024
  • PKKMB 8 – 13 Juli 2024
  • Perkuliahan 15 Juli 2024
              Ketentuan kelulusan Seleksi Sipenmaru Jalur PMDP


              Penetapan Kelulusan
              • Penetapan kelulusan dinyatakan setelah peserta lulus semua tahap
              • Penetapan calon mahasiswa baru Poltekkes yang diterima tersebut dibuat dalam berita acara yang ditandatangani oleh Ketua Panitia Poltekkes dan diketahui oleh Direktur.
              • Dalam penetapan ditentukan peserta lulus utama dan peserta lulus cadangan

              Pengumuman Calon Mahasiswa Baru yang Diterima

              Calon mahasiswa baru yang diterima (utama dan cadangan) diumumkan oleh Ketua Panitia Sipenmaru Poltekkes Kemenkes Yogyakarta diketahui Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

              Pendaftaran Ulang bagi Calon Mahasiswa Baru yang Diterima
              • Bagi peserta yang telah dinyatakan sebagai calon mahasiswa baru (lulus utama) wajib melakukan registrasi dengan membayar biaya daftar ulang sesuai program studinya dan melengkapi berkas mahasiswa baru yang meliputi :
                • Mengisi Biodata Mahasiswa Baru
                • Fotokopi Ijazah yang dilegalisir
                • Surat Keterangan Catatan Kepolisian
                • Fotokopi KTP
                • Fotokopi Kartu Keluarga
                • Foto berwarna : D-III latar belakang biru dan Sarjana Terapan latar belakang merah
                • Bukti pembayaran daftar ulang
                • Fotokopi Kartu JKN (Jaminan Kesehatan Nasional)
                • Surat pernyataan
              • Bagi peserta cadangan, pendaftaran ulang akan dilakukan setelah ada pemberitahuan lebih lanjut.
              • Apabila sampai batas akhir waktu registrasi untuk memenuhi mutu raw input mahasiswa, Panitia berhak memanggil cadangan diluar yang telah diumumkan sebelumnya dengan tetap mengikuti alur proses penetapan kelulusan.
              Biaya Daftar Ulang bagi Calon Mahasiswa Baru

              Biaya daftar ulang mahasiswa baru Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Tahun Akademik 2023/2024 sebagaimana terlampir (dalam website Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan alamat http://www.poltekkesjogja.ac.id).

              Pengunduran Diri

              Calon mahasiswa baru yang telah mendaftar ulang dan menyelesaikan proses administratif, kemudian mengundurkan diri maka wajib membuat surat pernyataan pengunduran diri bermaterai,-. Semua biaya yang telah dikeluarkan tidak dapat ditarik kembali.

              2. Persyaratan Jalur Mandiri 

              Jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk alih jenjang dari Diploma III ke Sarjana Terapan yang dilaksanakan secara mandiri oleh Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta.

              Persyaratan Umum
              • Bagi Pendaftar Sarjana Terapan RPL transfer kredit telah menyelesaikan pendidikan Diploma Tiga yang sejalur (in-line) dengan jalur pendidikan yang akan diikuti atau telah menjadi anggota IPAI dengan mengunggah ijazah terakhir dan transkrip nilai;
              • Institusi pendidikan terdahulu masih aktif beroperasional;
              • Akreditasi institusi pendidikan asal minimal C sesuai tahun kelulusan;
              • Apabila terdapat mata kuliah/sks yang belum terpenuhi bersedia menempuh pada semester 
                • Dalam hal Transfer kredit yang diajukan mahasiswa, merupakan mata kuliah yang sama atau, ketika terjadi perubahan kurikulum, maka mata kuliah yang ekuivalen yang dapat diambil dengan melihat capaian pembelajaran dari setiap mata kuliah tersebut.
                • Penilaian ekivalensi mata kuliah untuk menilai ekivalensi isi dan level capaian pembelajaran mata kuliah dari perguruan tinggi asal dan perguruan tinggi yang dituju.
                • Kriteria penilaian:
                  • Diakui jika kesamaan capaian pembelajaran sebesar minimal 75% dari setiap mata kuliah,
                  • Penugasan jika kesamaan capaian pembelajaran sebesar 70% - 75% dari setiap mata kuliah
                  • Matrikulasi/pengayaan jika kesamaan capaian pembelajaran sebesar 60% - 70% dari setiap mata kuliah
                  • Tidak diakui jika kesamaan capaian pembelajaran kurang dari 60% darmsetiap mata kuliah
                  • Pengakuan Transfer kredit yang dapat diberikan untuk program studi Sarjana Terapan maksimal 85% dari jumlah sks
                  • Peserta dianggap lulus apabila mempunyai total kesamaan sks dengan sks program studi Sarjana Terapan yang dituju minimal 70%
              • Untuk pendaftar sarjana terapan RPL wajib unggah screen shoot riwayat kuliah D- III dari laman https://pddikti.kemdikbud.go.id/ Menyerahkan Surat Klarifikasi Lulusan dari Perguruan Tinggi Asal
              • Apabila memiliki pelatihan dan/atau pendidikan lain in-service atau memiliki prestasi setelah menyelesaikan pendidikan baik di tingkat internasional, nasional, propinsi atau kabupaten dapat dilampirkan bukti keikutsertaannya
              • Dapat melampirkan bukti masa kerja dari pejabat yang berwenang jika telah memiliki masa kerja
              • Persetujuan dari Rumah Sakit tempat kerja;
              • Rekomendasi DPD IPAI setempat;
              • Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter pemerintah meliputi sehat fisik, sehat rohani, tidak buta warna), serta tidak hamil bagi perempuan;
              • Bersedia mengikuti ketentuan yang berlaku selama proses pendidikan di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, termasuk bagi perempuan bersedia tidak hamil selama mengikuti pendidikan;
              • Sudah bekerja di lingkup keanestesian baik di kamar bedah atau instalasi gawat darurat rumah sakit.
              • Ketentuan dan Persyaratan Calon Peserta Tugas Belajar PNS : Bagi peserta tugas belajar sesuai surat edaran nomor HK.02.02/III/7987/2023 tentang PelaksanaanPemberian Tugas Belajar dan Tugas Belajar Mandiri bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Kesehatan.

              Mekanisme Pendaftaran
              • Pendaftaran dilakukan secara ONLINE mulai tanggal 1-18 Mei 2023 melalui web SIPENMARU Poltekkes Kemenkes Yogyakarta http://sipenmaru.poltekkesjogja.ac.id/
              • Pendaftar membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000,- (Lima ratus ribu rupiah) melalui Bank BNI menggunakan Virtual Account BNI. Mekanisme membayaran menggunakan Virtual Account BNI dapat dipelajari melalui web http://sipenmaru.poltekkesjogja.ac.id/panduan
              Kelengkapan Berkas

              Scan berkas persyaratan pendaftaran di bawah ini diupload ke Form Registrasi RPL STKA TA. 2023/2024 dalam bentuk file PDF atau JPG/JPEG.
              • Scan Ijazah Pendidikan yang sudah dilegalisir
              • Scan transkrip nilai Pendidikan yang sudah dilegalisir
              • Scan Piagam akreditasi institusi pendidikan
              • Scan Sertifikat Pelatihan Anestesi/Brevet Anestesi
              • Scan Surat Perintah Melaksanakan Tugas di kamar operasi atau sejenisnya
              • Scan Surat Pernyataan (Lampiran 1)
              • Scan Surat Persetujuan mengikuti pendidikan dari pimpinan unit kerja (Lampiran 2)
              • Scan Surat Rekomendasi DPD IPAI setempat (Lampiran 3)
              • Scan Surat Keterangan persetujuan mengikuti pendidikan dari suami/istri bagi yang sudah menikah (Lampiran 4)
              • Scan Surat Pernyataan Tidak Sedang Hamil Dan Bersedia Tidak Hamil Selama Mengikuti Pendidikan (Khusus Pendaftar Perempuan) (Lampiran 5)
              • Scan Surat Keterangan kesehatan dari dokter pemerintah (rumah sakit pemerintah, puskesmas) meliputi sehat jasmani, sehat rohani, bebas NAPZA serta tidak hamil bagi perempuan dan sehat rohani
              • File JPG pas foto terbaru ukuran 4x6 cm dengan latar belakang merah
              • Surat Klarifikasi Lulusan dari Perguruan Tinggi Asal (lampiran 6)
              • Surat Penyetaraan / Konversi Mata Kuliah RPL (lampiran 7)
              • Scan KTP
              • Scan Kartu Keluarga
              • Scan JKN
              • STR Penata Anestesi
              • Bagi yang memiliki dapat menyampaikan Piagam pelatihan dan/atau pendidikan lain
              in-service yang dilegalisir pimpinan institusi pada tingkat kabupaten, propinsi,
              nasional, atau internasional. Data Pendidikan (Hanya diisi dengan kualifikasi
              pendidikan formal tertinggi yang pernah diikuti dan dilampiri foto kopi ijazah dan
              transkrip nilai)

              Jadwal Pendaftaran
              • Pendaftaran online melalui www.poltekkesjogja.ac.id 1 – 18 Mei 2023
              • Unggah dokumen pendaftaran terakhir  (Seleksi Tahap I) 18 Mei 2023
              • Ujian Tulis CBT on line (Seleksi Tahap II) 22 Mei 2023
              • Konversi/Asesment (Seleksi Tahap III) 25 – 30 Mei 2023
              • Pengumuman Hasil Uji CBT dan Asesment
              • (Seleksi Tahap II dan tahap III) 23 Mei 2023
              • Uji kesehatan (Seleksi Tahap IV) 8 – 10 Juni 2023
              • Pengumuman Hasil Uji Kesehatan Seleksi Tahap III) 13 Juni 2023
              • Daftar Ulang 14 – 16 Juni 2023
              • Bridging 19 Juni – 14 Juli 2023
              • PKKMB 3 – 7 Juli 2023
              • Perkuliahan Tahun Akademik 2023/2024 10 Juli 2023
              3. Pendaftaran Jalur SIMAMA 

              Melalui Jalur SIMAMA diharapkan dapat menjaring seluruh peserta dari pelosok Nusantara dan para pendaftar pun bebas memilih peminatan Politeknik Kesehatan yang tersebar di 34 Propinsi di Indonesia.

              Bagi anda yang ingin mengikuti Jalur SIMAMA, ada baiknya anda mempersiapkan persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia yaitu sebagai berikut.

              Persyaratan Pendaftaran Jalur SIMAMA

              Persyaratan Umum :
              • Warga Negara Indonesia
              • Lulusan SMA/MA/SMU/Paket C semua Jurusan dapat mendaftar SIMAMA pada seluruh jenis Prodi
              • Usia calon peserta maksimal 25 tahun pada awal Tahun Akademik 2023/2024 (1 September 2023). Kecuali peserta Tugas Belajar dan Izin Belajar dapat menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku untuk program tersebut
              • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di Poltekkes dan tidak mengganggu aktivitas kinerja sesuai profesinya
              • Tinggi badan minimal 155 cm bagi laki-laki dan 150 cm, kecuali Prodi tertentu dapat ditentukan oleh Poltekkes Kemenkes masing-masing (verifikasi tinggi badan dilakukan pada saat ujian kesehatan)
              • Tinggi badan untuk Prodi lainnya ditetapkan oleh Poltekkes masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan diumumkan kepada calon peserta SIMAMA POLTEKKES KEMENKES
              Persyaratan Khusus
              • Bagi calon peserta yang berasal dari keluarga miskin/keluarga tidak mampu secara ekonomi dibuktikan dengan Surat Keterangan Miskin/ tidak mampu dari Kelurahan/Desa (bila perlu dilakukan kunjungan rumah)
              Persyaratan Lulusan Pendidikan

              Catatan *):
              • Peryaratan Jenis Lulusan ditentukan berdasarkan Jenis Prodi dan berlaku sama di semua Poltekkes Kemenkes
              • Persyaratan Tinggi Badan ditentukan berdasarkan jenis Prodi dan berlaku sama di semua Poltekkes Kemenkes
              Jadwal Jalur SIMAMA
              • Pendaftaran 01 Maret - 20 April 2023
              • Pelaksanaan CBT Periode 1 - 02 Mei 2023 s.d 07 Mei 2023
              • Pelaksanaan CBT Periode 2 - 15 Mei 2023 s.d 20 Mei 2023
              • Peningkatan dan Nominasi - 23 Mei 2023 s.d 26 Mei 2023
              • Pendaftaran dan pelaksanaan uji kesehatan - 30 Mei 2023 s.d 09 Juni 2023
              • Pengumuman Hasil Seleksi CBT - 30 Mei 2023
              • Nominasi Uji Kesehatan - 12 Juni 2023
              • Pengumuman kelulusan akhir - 13 Juni 2023
              • Registrasi dan Pemberkasan - 13 Juni 2023 - 17 Juni 2023
              Untuk anda yang ingin mengetahui informasi mengenai pendaftaran poltekkes yogyakarta, mulai dari jalur pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanan dan lainnya. Anda dapat membaca informasi lebih lengkapnya dengan mengakses alamat website resmi http://sipenmaru.poltekkesjogja.ac.id/
                Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan mengenai Pendaftaran Poltekkes Yogyakarta 2024/2025 Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan bagi anda yang akan melakukan proses pendaftaran masuk ke Poltekkes Yogyakarta. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga anda sukses.