Pendaftaran Poltekkes Palangka Raya 2024/2025

Poltekkes Palangka Raya 2023, PMB Poltekkes Palangkaraya 2023, Pendaftaran Poltekkes Palangkaraya 2023, Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekkes  Palangkaraya, Pendaftaran Mahasiswa Baru Poltekkes Palangkaraya 2023, Info Pendaftaran Online Poltekkes  Palangkaraya, Cara Pendaftaran Online Poltekkes Palangkaraya, Syarat Masuk di Poltekkes Palangkaraya, Sipenmaru Poltekkes Palangkaraya.

Saat ini admin akan memberikan informasi untuk anda mengenai Pendaftaran Poltekkes Palangkaraya 2024/2025. Informasi ini diberikan dengan harapan bisa memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran online. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://pmbpt.blogspot.co.id/

Sedikit mengenai Pendaftaran Poltekkes Palangkaraya

Politeknik Kesehatan Palangka Raya merupakan institusi pendidikan tenaga kesehatan di Provinsi Kalimantan Tengah yang metamorfosis perkembangannya dimulai dari level pendidikan menengah pertama bidang kesehatan sejak tahun 1966.  

Sebelum anda melakukan Pendaftaran Poltekkes Palangkaraya, ada baiknya anda mengetahui mengenai jurusan dan program studi yang akan anda pilih nantinya sesuai keinginan anda/
Setelah anda memilih jurusan dan program studi sesuai keinginan anda, ada baiknya anda harus mengetahui persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia Poltekkes Palangkaraya yaitu sebagai berikut.

1. Pendaftaran Jalur PMDP  Poltekkes Palangkaraya 

Jalur Seleksi Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP) adalah jalur seleksi bagi calon mahasiswa baru yang berasal dari SMA/MA/Sederajat Jurusan IPA atau IPS serta SMK dengan jurusan yang dipersyaratkan yang akan LULUS pada Tahun 2023 berdasarkan seleksi prestasi akademik dan/atau non akademik, minat dan prestasi lainnya dengan nilai mata pelajaran yang dipersyaratkan minimum 75 dari semester 1-5.

Seleksi ini dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu :
  • Tahap I : Seleksi Administrasi (verifikasi berkas)
  • Tahap II : Seleksi Nilai dan Prestasi
  • Tahap III : Uji Kesehatan
Peserta yang diterima sebagai calon mahasiswa baru adalah mereka yang lulus seleksi Tahap I,Tahap II dan Tahap III.

PERHATIAN :
  • Jika Peserta tidak memiliki Prestasi Akademik ataupun Non Akademik, tetap bisa mendaftar Jalur PMDP asalkan Nilai Mata Pelajaran yang dipersyaratkan tidak ada yang di bawah 75.
  • Peserta yang diterima / lulus seleksi PMDP tetapi tidak lulus Ujian Nasional SMA/MA/Sederajat dinyatakan GUGUR.
  • Peserta yang tidak lulus pada jalur PMPD dapat mendaftar kembali pada Jalur SIMAMA CBT.
Jadwal Seleksi PMDP
  • Pendaftaran 24 Januari s/d 17 Februari 2023
  • Batas Pengumpulan Berkas 17 Februari 2023
  • Seleksi dan Penilaian Berkas 20 Februari 2023
  • Pengumuman Hasil Seleksi dan Penilaian Berkas 20 Februari 2023
  • Tes Kesehatan 21 – 24 Februari 2023
  • Psikotes Jadwal Tentatif
  • Wawancara Jadwal Tentatif
  • Pengumuman Final Seleksi (Kelulusan Uji Kesehatan dll) 27 Februari 2023
  • Daftar Ulang & Pembayaran SPP 27 Februari – 3 Maret 2023
Biaya Pendidikan SPP/UTK


Biaya Pendaftaran PMDP
  • 1 Pilihan Program Studi : Rp 100.000,-
  • 2 Pilihan Program Studi : Rp 125.000,-
Biaya pendaftaran ditransfer ke masing-masing BRI Virtual Account (BRIVA) Pendaftar yang tercantum saat mendaftar online. Pembayaran dapat dilakukan melalui Agen BRILink/Teller/ATM/SMS Banking/Internet Banking/Mobile Banking Bank BRI.

PERHATIAN!

Tidak disarankan membayar/transfer menggunakan rekening selain Bank BRI karena sering mengalami gangguan dana tidak masuk. Kami menyarankan lebih baik membayar di Agen BRILink (jika tidak ingin antri) terdekat dari tempat Anda dengan menunjukkan kode BRIVA.

A. Persyaratan Umum
  • Warga Negara Indonesia
  • Siswa SMA/MA Jurusan IPA dan IPS Kelas XII pada tahun ajaran 2022/2023 (yang akan lulus pada tahun 2023)
  • Siswa SMK Jurusan Tertentu Kelas XII pada tahun ajaran 2022/2023 dengan Jurusan yang relevan dengan Program Studi yang dipilih (yang akan lulus pada tahun 2023)
  • Berbadan sehat, tidak buta warna, tidak sedang hamil, kondisi fisik tidak mengganggu tugas sebagai tenaga kesehatan.
B. Persyaratan Khusus
  • Tinggi Badan (hasil ukur Poltekkes) dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Jurusan Keperawatan minimal :
      • Laki-laki               : 155 cm
      • Perempuan        : 150 cm
    • Jurusan Kebidanan minimal  :
      • Perempuan        : 150 cm
    • Jurusan Gizi minimal  :
      • Laki-laki               : 150 cm
      • Perempuan        : 145 cm
  • Akreditasi Sekolah minimal B, khusus untuk daerah DTPK/3T akreditasi sekolah minimal C.
  • Dinyatakan Lulus SMA/MA/SMK (bila sudah diterima).
  • Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk mengikuti Jalur PMDP Tahun Akademik 2023/2024
  • Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima, bersedia mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan kegiatan lainnya, baik yang diselenggarakan di tingkat Poltekkes Kemenkes maupun yang diselenggarakan oleh instansi/lembaga lain untuk mewakili sesuai bidang peminatan/bakatnya.
  • Prestasi Akademik - (boleh tidak ada)
    • Memiliki prestasi akademik yang memuaskan di sekolah (Lomba cerdas cermat, Olimpiade matematika/sains, Lomba Karya Tulis llmiah, dll yang berkaitan dengan akademik)
    • Bagi calon mahasiswa yang  dinyatakan diterima bersedia mengikuti Program Kreatifitas Mahasiswa dan kegiatan lainnya baik yang diselenggarakan di tingkat  Poltekkes Kemenkes maupun yang diselenggarakan oleh Instansi/Lembaga lain untuk  mewakili  Poltekkes Kemenkes Palangka Raya.
  • Prestasi Non Akademik (Minat & Bakat) - (boleh tidak ada)
    • Prestasi Bahasa Inggris
    • Prestasi Bidang Keagamaan
    • Prestasi Bidang Olahraga atau Seni
    • Prestasi Unggulan Lainnya
Catatan:
  • Memiliki prestasi  sebagai  pemenang (Juara 1 – Harapan III) pada kompetisi  Akademik/Non Akademik di atas yang diraih minimal pada tingkat  kabupaten/kota selama berada pada jenjang   SMA/MA  sederajat  (dibuktikan  dengan sertifikat / piagam penghargaan dari instansi yang berwenang yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah)
  • Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima, bersedia :
    • mengikuti Unit Kegiatan/Kreatifitas Mahasiswa yang terkait dengan prestasinya
    • menjadi delegasi Poltekkes Kemenkes Palangka Raya untuk mengikuti perlombaan di tingkat Provinsi, Nasional dan Internasional
    • Poin tambahan bagi pemenang kejuaraan bidang Akademik/Non Akademik/lainnya minimal tingkat Kabupaten/Kota (Bila Ada)
C. Persyaratan Akademik
  • Nilai Rapor :
    • Jurusan IPA memiliki nilai minimal 75 pada aspek pengetahuan untuk setiap mata pelajaran (B.Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi) sejak semester I  sampai dengan semester V atau setara dengan nilai rata-rata minimal  2,80 (dua koma  delapan puluh, kurikulum  2013)  pada semester I-V.
    • Jurusan IPS memiliki nilai minimal 75 pada aspek pengetahuan untuk setiap mata pelajaran (Matematika, B.Inggris, Ekonomi, Geografi, Sosiologi) sejak semester I  sampai dengan semester V atau setara dengan nilai rata-rata minimal  2,80 (dua koma  delapan puluh, kurikulum  2013)  pada semester I-V.
    • Bila nilai  skala  1-4 atau huruf,  maka   harus  dikonversi  ke   skala  0-100  sesuai peraturan yang berlaku.
  • Peserta yang telah diterima Seleksi Jalur PMDP, tetapi dinyatakan tidak lulus dari Satuan Pendidikannya (SMA/MA) dan tidak lulus verifikasi berkas dinyatakan GUGUR.
D. Persyaratan Khusus Pengajuan Beasiswa GAKIN (Keluarga Tidak Mampu)

Pada Sipenmaru Tahun 2023, Poltekkes Kemenkes Palangka Raya, memberikan beasiswa kepada Mahasiswa Baru yang berasal dari Keluarga Miskin/Tidak Mampu dengan persyaratan sebagai berikut :
  • Surat keterangan penghasilan orang tua dari instansi tempat bekerja atau surat pernyataan penghasilan orang tua bermeterai bagi yang berwirausaha;
  • Surat Keterangan tidak mampu atau layak mendapat bantuan yang dikeluarkan oleh Lurah/Kepala Desa atau pejabat berwenang.
  • Foto kondisi rumah tempat tinggal terakhir
  • Bukti pembayaran rekening listrik selama 1 bulan terakhir
E. Persyaratan Khusus Jurusan SMA/MA/SMK pada Jalur PMDP

Catatan : Jurusan Bahasa silahkan mendaftar pada Jalur SIMAMA CBT
Semua File Lampiran / Berkas berada pada menu Download Files

2. Pendaftaran Jalur SIMAMA CBT

Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SIMAMA dilakukan serentak secara online seluruh Indonesia, terdiri dari 38 Politeknik Kesehatan se-Indonesia.

Seleksi ini nantinya akan menggunakan CBT (Computer Based Test), terbuka untuk umum berasal dari lulusan SMA/MA/SMK yang sesuai dengan persyaratan dan latar belakang yang sudah ditentukan.

Melalui Jalur SIMAMA diharapkan dapat menjaring seluruh peserta dari pelosok Nusantara dan para pendaftar pun bebas memilih peminatan Politeknik Kesehatan yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia.

Pendaftar pada Jalur SIMAMA dapat mendaftar Poltekkes lain yang ada di seluruh Indonesia tapi bisa ikut tes masuk di Poltekkes Palangka Raya tanpa harus mengikuti tes di luar Palangka Raya.

Bagi Pendaftar PMDP yang tidak lulus, dapat mengikuti Jalur SIMAMA ini.

Kelas Regular
  • Warga Negara Indonesia
  • SMU/SMA/MA/SMK dengan jurusan yang relevan/sesuai dengan pilihan prodi dan ditetapkan oleh Panitia Nasional
  • Usia calon peserta maksimal 25 tahun pada awal Tahun Akademik 2023/2024 (1 Juli 2023) (LTMPT)
  • Paket C
  • Berbadan sehat, tidak buta warna, kondisi fisik tidak mengganggu tugas sebagai tenaga kesehatan. (pemeriksaan dilakukan pada tahap uji kesehatan)
  • Tinggi badan*) dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Prodi keperawatan dan fisioterapi: minimal 155 cm bagi laki-laki dan 150cm bagi perempuan.
    • Prodi kebidanan; hanya menerima peserta perempuan dengan tinggi badan minimal 150 cm
    • Prodi lainnya minimal 145 cm
(*Hasil pengukuran tinggi badan yang berlaku adalah hasil pengukuran pada saat Uji Kesehatan).
  • Tinggi badan untuk Prodi lainnya ditetapkan oleh Poltekkes masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan diumumkan kepada calon peserta SIMAMA POLTEKKES KEMENKES
Kelas Internasional
    Adalah program kuliah di Poltekkes Kemenkes yang memiliki prodi profesi ners untuk kelas internasional atau rintisan kelas internasional yang penyelenggaraannya mengacu pada ketentuan yang berlaku dengan syarat calon peserta didik sebagai berikut.
    • Warga Negara Indonesia dan/atau Warga Negara Asing
    • Lulus pendidikan : SMU/SMA/MA/SMK Kesehatan dengan jurusan yang relevan/sesuai dengan pilihan prodi dan ditetapkan oleh Panitia Nasional
    • Maksimal tahun kelulusan 2021
    • Berbadan sehat, tidak buta warna, kondisi fisik tidak mengganggu tugas sebagai tenaga kesehatan. (pemeriksaan dilakukan pada tahap uji kesehatan)
    • Tinggi Badan minimal perempuan 155 cm, laki-laki 160 cm
    Persyaratan Khusus

    Bagi calon peserta yang berasal dari keluarga miskin/keluarga tidak mampu secara ekonomi dibuktikan dengan Surat Keterangan Miskin/ tidak mampu dari Kelurahan/Desa (bila perlu dilakukan kunjungan rumah)

    Persyaratan Lulusan Pendidikan

    Catatan *):
    • Peryaratan Jenis Lulusan ditentukan berdasarkan Jenis Prodi dan berlaku sama di semua Poltekkes Kemenkes
    • Persyaratan Tinggi Badan ditentukan berdasarkan jenis Prodi dan berlaku sama di semua Poltekkes Kemenkes
    Materi Ujian Tulis :
    • Matematika
    • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Inggris
    • IPA(Biologi, Kimia, Fisika)
    Biaya Pendaftaran

    Rp. 125.000,00 *
    * Diluar biaya admin dan biaya kesehatan

    Jadwal Penting
    • Pendaftaran : 01 Maret 2023 - 20 April 2023
    • Pelaksanaan CBT Periode I : 02 Mei 2023 - 07 Mei 2023
    • Pelaksanaan CBT Periode 2 : 15 Mei 2023 - 20 Mei 2023
    • Pemeringkatan dan Nominasi : 23 Mei 2023 - 26 Mei 2023
    • Pendaftaran dan Pelaksanaan Uji Kesehatan : 30 Mei 2023 - 09 Juni 2023
    • Pengumuman Hasil Seleksi CBT : 30 Mei 2023
    • Nominasi Uji Kesehatan : 12 Juni 2023
    • Pengumuman kelulusan akhir : 13 Juni 2023
    • Registrasi Calon Mahasiswa Baru : Ditetapkan oleh masing-masing Poltekkes

    Alur Pendaftaran


    3. Pendaftaran Jalur Alih Jenjang
    Jalur Seleksi Alih Jenjang adalah jalur seleksi bagi calon mahasiswa baru yang berasal dari lulusan Diploma III yang ingin
    melanjutkan ke jenjang Sarjana Terapan (dulu Diploma IV) di Poltekkes Kemenkes Palangka Raya.

    Masa studi pada jenjang ini adalah 2 semester (1 Tahun).

    Syarat Pendaftaran
    • Akreditasi Program Studi minimal B 
    • memiliki STR
    Biaya Pendaftaran Alih Jenjang

    Rp 100.000,-

    Biaya pendaftaran ditransfer ke masing-masing BRI Virtual Account (BRIVA) Pendaftar yang tercantum saat mendaftar online.
    Pembayaran dapat dilakukan melalui Agen BRILink/Teller/ATM/SMS Banking/Internet Banking/Mobile Banking Bank BRI.

    PERHATIAN!

    Tidak disarankan membayar/transfer menggunakan rekening selain Bank BRI karena sering mengalami gangguan dana tidak masuk.
    Kami menyarankan lebih baik membayar di Agen BRILink (jika tidak ingin antri) terdekat dari tempat Anda dengan menunjukkan kode BRIVA masing-masing yang didapat saat pendaftaran.

    Tata Cara Pendaftaran & Pembayaran
    • Peserta melakukan pendaftaran secara online melalui website sipenmaru.poltekkes-palangkaraya.ac.id
    • Mekanisme Pendaftaran:
      • Siapkan file foto berukuran 4×6 size maks 2 MB, alamat email aktif, NIK dan KK (jika belum punya KTP, NIK bisa dilihat di Kartu Keluarga (KK))
      • Pilih Jalur Seleksi Alih Jenjang, klik Lihat Detail.
      • Kemudian klik DAFTAR
      • Lengkapi isian Identitas yang tersedia, lalu klik LANJUT
      • Kemudian centang/checklist Saya menyetujui …., lalu klik KONFIRMASI PENDAFTARAN. Jika masih ada data yang ingin diperbaiki, silahkan klik PERBAIKI ULANG.
      • PERHATIAN! Jika sudah klik KONFIRMASI PENDAFTARAN maka Pilihan Program Studi tidak dapat dirubah. Jika ingin merubah program studi maka harus ulangi langkah pendaftaran dari awal.
      • Pada halaman PENDAFTARAN BERHASIL, simpan ID Pendaftar & PIN atau bisa dicek melalui email dan kemudian catat/simpan No BRI Virtual Account (BRIVA). Jika belum bayar maka tidak bisa login.
      • Lakukan pembayaran/transfer ke masing-masing BRI Virtual Account (BRIVA) Pendaftar yang tercantum.
      • Pembayaran dapat dilakukan melalui Teller Bank/Agen BRILink /ATM/SMS Banking/Internet Banking/Mobile Banking.
      • Bukti pembayaran harap digandakan dan disimpan baik-baik.
      • PERHATIAN Jika sudah melakukan pembayaran dan ingin mengganti program studi, maka biaya yang sudah dibayarkan tidak bisa diambil kembali.
      • Jika sudah melakukan pembayaran, silahkan LOGIN/MASUK menggunakan ID Pendaftar dan PIN. Jika sudah membayar dan tidak bisa login, silahkan hubungi helpdesk.
      • Kemudian isi semua data diri, alamat dan data orang tua dengan benar.
      • Pada menu Berkas, upload foto.
      • Lalu pilih menu Finalisasi Data Pendaftar. Kemudian centang/checklist Saya menyetujui kemudian klik SETUJU. Kemudian cetak Formulir Pendaftaran sebanyak 2 lembar
      • Lalu pilih menu Jadwal Seleksi klik SIMPAN kemudian cetak Kartu Ujian 2 lembar.
      • Lengkapi Kelengkapan Berkas Pendaftaran, berkas yang sudah lengkap dapat diserahkan langsung (bisa diwakilkan) atau bisa dikirimkan menggunakan ekspedisi/kurir/travel.
    • Mengikuti Ujian CBT di Poltekkes Kemenkes Palangka Raya sesuai tanggal ujian.
    • Jika lolos Ujian CBT maka melakukan daftar ulang dan melakukan pembayaran biaya pendidikan (SPP).
    Catatan:
    • Saat daftar ulang yang dibayarkan hanya biaya SPP dan matrikulasi, untuk biaya seragam dll akan diinfokan kemudian oleh prodi.
    • Bagi yang tidak membayar sesuai jadwal yang telah ditentukan maka dianggap mengundurkan diri.
    Kelengkapan Berkas Alih Jenjang
    • Pas Photo 4x6 hitam putih 5 lembar, 3x4 berwarna 2 lembar. (Latar Warna Bebas & Baju Bebas Rapi berkerah)
    • 1 lembar Print (cetak) Kartu Peserta Ujian dan Formulir Pendaftaran Online yang telah diisi.
    • 1 lembar Slip Asli/print bukti pembayaran pendaftaran
    • 1 lembar Fotocopy KTP dan KK
    • 1 lembar legalisir Ijazah & Transkrip Nilai Diploma III
    • 1 lembar Fotocopy piagam akreditasi program studi (minimal terakreditasi B & jika lulusan Poltekkes Palangka Raya tidak perlu dilampirkan)
    • 1 lembar Fotocopy Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku atau Surat Keterangan Perpanjangan STR dari KTKI (jika ada)
    • Surat Keterangan Pengalaman Kerja (jika telah bekerja)
    • Surat Keterangan persetujuan mengikuti pendidikan dari pimpinan unit kerja (jika telah bekerja)
    • Surat Keterangan persetujuan mengikuti pendidikan dari suami/istri bagi yang sudah menikah (ttd diatas materai)
    • Surat keterangan tugas belajar/ ijin belajar bagi peserta dari Instansi tempat bekerja (jika telah bekerja)
    • Surat pernyataan yang ditandatangi di atas materai.
    • Fotocopy piagam pelatihan dan/atau pendidikan lain in-service yang dilegalisir pimpinan institusi pada tingkat kabupaten, provinsi, nasional, atau internasional. (jika ada)
    • Surat Keterangan kesehatan dari dokter pemerintah (rumah sakit pemerintah, puskesmas) meliputi Tinggi Badan (TB), tidak buta warna, serta tidak hamil bagi perempuan.
    • Surat Klarifikasi Lulusan dari Perguruan Tinggi Asal (dicetak dari forlap DIKTI) yang sudah dilegalisir (jika lulusan Poltekkes Palangka Raya tidak perlu dilampirkan).
    Semua Berkas Pendaftaran disusun sesuai urutan dan dimasukkan ke dalam map yang sudah ditempel Sampul di depan map. 
    • Map Biru : Kebidanan
    • Map Merah: Gizi
    Jadwal Pendaftaran
    • Pendaftaran 2 Feb s/d 5 Jun 2023
    • Batas Pengumpulan Berkas 5 Jun 2023
    • Ujian CBT 6 Jun 2023
    • Pengumuman Hasil Ujian CBT 12 Jun 2023
    • Daftar Ulang & Pembayaran SPP 12 – 17 Jun 2023
    4. Pendaftaran Jalur Profesi

    Jalur Seleksi Profesi adalah jalur seleksi bagi calon mahasiswa baru yang berasal dari lulusan Diploma IV/Sarjana Terapan atau Strata 1 yang ingin melanjutkan ke jenjang Profesi di Poltekkes Kemenkes Palangka Raya.
    Masa studi pada jenjang ini adalah 2 semester (1 Tahun).

    Syarat Pendaftaran
    • Lulusan DIV/Sarjana Terapan Kebidanan (Klinik / Pendidik) /S1 Keb dengan Akreditasi Program Studi minimal B
    • Memiliki STR
    Jadwal Pendaftaran
    • Pendaftaran 2 Feb s/d 5 Jun 2023
    • Batas Pengumpulan Berkas 5 Jun 2023
    • Ujian CBT 7 Jun 2023
    • Pengumuman Hasil Ujian CBT 12 Jun 2023
    • Daftar Ulang & Pembayaran SPP 12 – 17 Jun 2023
    Biaya Pendidikan SPP / UKT

    Biaya SPP/UKT Polkesraya Jika Tahun ini belum menjadi BLU

    Biaya SPP/UKT Polkesraya Jika Tahun ini sudah menjadi BLU


    Biaya Pendaftaran Profesi

    Rp 100.000,-
    Biaya pendaftaran ditransfer ke masing-masing BRI Virtual Account (BRIVA) Pendaftar yang tercantum saat mendaftar online.
    Pembayaran dapat dilakukan melalui Agen BRILink/Teller/ATM/SMS Banking/Internet Banking/Mobile Banking Bank BRI.

    PERHATIAN!

    Tidak disarankan membayar/transfer menggunakan rekening selain Bank BRI karena sering mengalami gangguan dana tidak masuk.
    Kami menyarankan lebih baik membayar di Agen BRILink (jika tidak ingin antri) terdekat dari tempat Anda dengan menunjukkan kode BRIVA masing-masing yang didapat saat pendaftaran.

    Kelengkapan Berkas Profesi
    • Pas Photo 4x6 hitam putih 5 lembar, 3x4 berwarna 2 lembar. (Latar Bebas & Baju Bebas Rapi berkerah)
    • 1 Lembar Print (cetak) Kartu Ujian dan Formulir Pendaftaran Online yang telah diisi.
    • 1 lembar Slip Asli/print bukti pembayaran pendaftaran jalur Profesi.
    • 1 lembar Fotocopy KTP dan KK
    • 1 lembar legalisir Ijazah & Transkrip Nilai D-IV/Sarjana Terapan/ S1 Kebidanan
    • 1 lembar Fotocopy piagam akreditasi program studi (minimal terakreditasi B & Jika lulusan Poltekkes Palangka Raya tidak perlu dilampirkan)
    • 1 lembar Fotocopy Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku atau Surat Keterangan Perpanjangan STR dari KTKI. (jika ada)
    • Surat Keterangan Pengalaman Kerja dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan (jika telah bekerja)
    • Surat Keterangan persetujuan mengikuti pendidikan dari pimpinan unit kerja (jika telah bekerja)
    • Surat Keterangan persetujuan mengikuti pendidikan dari suami/istri bagi yang sudah menikah (ttd diatas materai)
    • Surat keterangan tugas belajar/ ijin belajar bagi peserta dari Instansi tempat bekerja (jika telah bekerja)
    • Surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai
    • Fotocopy piagam pelatihan dan/atau pendidikan lain in-service yang dilegalisir pimpinan institusi pada tingkat kabupaten, provinsi, nasional, atau internasional. (jika ada)
    • Surat Keterangan kesehatan dari dokter pemerintah (rumah sakit pemerintah, puskesmas) meliputi Tinggi Badan (TB), tidak buta warna, serta tidak hamil bagi perempuan.
    • Surat Klarifikasi Lulusan dari Perguruan Tinggi Asal (dicetak dari forlap DIKTI) yang sudah dilegalisir (jika lulusan Poltekkes Palangka Raya tidak perlu dilampirkan).
    • Semua Berkas Pendaftaran disusun sesuai urutan dan dimasukkan ke dalam map yang sudah ditempel Sampul di depan map. 
    Map Biru : Kebidanan

    Berkas yang telah lengkap dapat diantarkan langsung (boleh diwakilkan) atau dikirimkan menggunakan ekspedisi/kurir/travel pada alamat:

    SEKRETARIAT PANITIA SIPENMARU  –  RUANG ADAK-PSI
    POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA
    Gedung Direktorat Lt.2
    Jl. G. Obos No. 30 Palangka Raya 73111
    Kalimantan Tengah – Indonesia

    Untuk informasi lebih jelas mengenai Pendaftaran Poltekkes Palangkaraya, anda dapat mengakses alamat website resmi Poltekkes Palangkaraya untuk mencari informasi lebih jelas mengenai pendaftaran https://poltekkes-palangkaraya.ac.id/
    Sekian informasi yang bisa admin sampaikan mengenai Pendaftaran Poltekkes Palangkaraya 2024/2025. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan bagi anda yang akan melakukan proses pendaftaran masuk ke Poltekkes Palangkaraya Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga anda sukses.