Poltekkes Palangka Raya 2023, PMB Poltekkes Palangkaraya 2023, Pendaftaran Poltekkes Palangkaraya 2023, Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekkes Palangkaraya, Pendaftaran Mahasiswa Baru Poltekkes Palangkaraya 2023, Info Pendaftaran Online Poltekkes Palangkaraya, Cara Pendaftaran Online Poltekkes Palangkaraya, Syarat Masuk di Poltekkes Palangkaraya, Sipenmaru Poltekkes Palangkaraya.
Saat ini admin akan memberikan informasi untuk anda mengenai Pendaftaran Poltekkes Palangkaraya 2023/2024. Informasi ini diberikan dengan harapan bisa memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran online. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Sedikit mengenai Pendaftaran Poltekkes Palangkaraya
Politeknik Kesehatan Palangka Raya merupakan institusi pendidikan tenaga kesehatan di Provinsi Kalimantan Tengah yang metamorfosis perkembangannya dimulai dari level pendidikan menengah pertama bidang kesehatan sejak tahun 1966.
Sebelum anda melakukan Pendaftaran Poltekkes Palangkaraya, ada baiknya anda mengetahui mengenai jurusan dan program studi yang akan anda pilih nantinya sesuai keinginan anda/
Setelah anda memilih jurusan dan program studi sesuai keinginan anda, ada baiknya anda harus mengetahui persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia Poltekkes Palangkaraya yaitu sebagai berikut.
1. Pendaftaran Jalur PMDP Poltekkes Palangkaraya
Jalur Seleksi Penelusuran Minat dan Prestasi adalah jalur seleksi bagi calon mahasiswa baru yang berasal dari lulusan SMA/MA/Sederajat Jurusan IPA & IPS Tahun 2021 (yang lulus bukan tahun ini tidak bisa mendaftar jalur PMDP tapi bisa mendaftar pada Jalur Umum) berdasarkan seleksi prestasi akademik/non akademik, minat dan prestasi lainnya untuk mengikuti pendidikan di Politeknik Kesehatan Kemenkes Palangka Raya. Jurusan IPS wajib melampirkan sertifikat/piagam prestasi sedangkan Jurusan IPA boleh tidak melampirkan sertifikat/piagam prestasi.
Seleksi ini dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu :
- Tahap I : Pendaftaran (seleksi administrasi/verifikasi berkas)
- Tahap II : Seleksi Akademik (Nilai Rapor) dan/atau Prestasi Pendukung
- Tahap III : Uji Kesehatan, Psikotes & Wawancara
- Peserta yang diterima sebagai calon mahasiswa baru adalah mereka yang lulus seleksi Tahap I,Tahap II dan Tahap III.
Catatan : Peserta yang diterima / lulus seleksi PMDP tetapi tidak lulus Ujian Nasional SMA/MA/Sederajat dinyatakan GUGUR
Persyaratan Umum
- Warga Negara Indonesia (WNI)
- Pada saat mendaftar, peserta adalah siswa kelas XII SMA/MA/Sederajat jurusan IPA & IPS Tahun Ajaran 2020/2021
- Usia calon peserta maksimal 27 tahun pada awal Tahun Akademik 2020/2021
- (Permendikbud nomor 14 tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru tahun 2018)
- Berbadan sehat, tidak buta warna, Performance baik (Penampilan fisik tidak mengganggu tugas sebagai Tenaga Kesehatan)
Persyaratan Akademik
- Nilai Rapor :
- Jurusan IPA memiliki nilai minimal 70 pada aspek pengetahuan untuk setiap mata pelajaran (B.Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi) sejak semester I sampai dengan semester V atau setara dengan nilai rata-rata minimal 2,80 (dua koma delapan puluh, kurikulum 2013) pada semester I-V.
- Jurusan IPS memiliki nilai minimal 70 pada aspek pengetahuan untuk setiap mata pelajaran (Matematika, B.Inggris, Ekonomi, Geografi, Sosiologi) sejak semester I sampai dengan semester V atau setara dengan nilai rata-rata minimal 2,80 (dua koma delapan puluh, kurikulum 2013) pada semester I-V.
- Bila nilai skala 1-4 atau huruf, maka harus dikonversi ke skala 0-100 sesuai peraturan yang berlaku.
- Peserta yang telah diterima Seleksi Jalur PMDP, tetapi dinyatakan tidak lulus dari Satuan Pendidikannya (SMA/MA) dan tidak lulus verifikasi berkas dinyatakan GUGUR.
Persyaratan Khusus
- Tinggi Badan (hasil ukur Poltekkes) dengan ketentuan sebagai berikut:
- Jurusan Keperawatan minimal :
- Laki-laki : 155 cm
- Perempuan : 150 cm
- Jurusan Kebidanan minimal :
- Perempuan : 150 cm
- Jurusan Gizi minimal :
- Laki-laki : 150 cm
- Perempuan : 145 cm
- Khusus peserta dengan pilihan program studi Kebidanan adalah perempuan
- Prestasi Akademik (Jurusan IPA & IPS boleh tidak ada)
- Memiliki prestasi akademik yang memuaskan di sekolah (Lomba cerdas cermat, Olimpiade matematika/sains, Lomba Karya Tulis llmiah, dll yang berkaitan dengan akademik)
- Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima bersedia mengikuti Program Kreatifitas Mahasiswa dan kegiatan lainnya baik yang diselenggarakan di tingkat Poltekkes Kemenkes maupun yang diselenggarakan oleh Instansi/Lembaga lain untuk mewakili Poltekkes Kemenkes Palangka Raya.
- Prestasi Non Akademik (Minat & Bakat) (Jurusan IPA boleh tidak ada, Jurusan IPS harus ada)
- Prestasi Bahasa Inggris
- Prestasi Bidang Keagamaan
- Prestasi Bidang Olahraga atau Seni
- Prestasi Unggulan Lainnya
Catatan:
- Memiliki prestasi sebagai pemenang (Juara 1 – Harapan III) pada kompetisi Akademik/Non Akademik di atas yang diraih minimal pada tingkat kabupaten/kota selama berada pada jenjang SMA/MA sederajat (dibuktikan dengan sertifikat / piagam penghargaan dari instansi yang berwenang yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah)
- Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima, bersedia :
- mengikuti Unit Kegiatan/Kreatifitas Mahasiswa yang terkait dengan prestasinya
- menjadi delegasi Poltekkes Kemenkes Palangka Raya untuk mengikuti perlombaan di tingkat Provinsi, Nasional dan Internasional
- Poin tambahan bagi pemenang kejuaraan bidang Akademik/Non Akademik/lainnya minimal tingkat Kabupaten/Kota (Bila Ada)
Persyaratan Administrasi
- Membayar biaya pendaftaran seleksi :
- Pilihan Program Studi : Rp 100.000
- Pilihan Program Studi : Rp 125.000
- Biaya pendaftaran ditransfer ke masing-masing BRI Virtual Account (BRIVA) Pendaftar yang tercantum saat mendaftar online.
- Pembayaran dapat dilakukan melalui Teller/ATM/SMS Banking/Internet Banking/Mobile Banking. Bukti pembayaran harap digandakan dan disimpan baik-baik.
- Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk mengikuti seleksi SIPENMARU Poltekkes Kemenkes Palangka Raya Tahun Akademik 2021/2022 Jalur PMDP berdasarkan prestasi akademik dan/atau prestasi non akademik (minat bakat) serta tidak akan mengundurkan diri jika lulus pada seleksi PMDP.
- Persetujuan Orang Tua
- Sekolah terakreditasi minimal B (diprioritaskan terakreditasi “A”)
Kelengkapan Berkas Pendaftaran Jalur PMDP
Pendaftar diwajibkan melengkapi dan menyerahkan/mengirimkan berkas sebagai berikut:
- Pas Photo 4×6 hitam putih 5 lembar, 3×4 berwarna 2 lembar.
- (Latar Merah & Baju Seragam/Bebas Rapi berkerah)
- 1 Lembar Print (cetak) Kartu Ujian & Formulir Pendaftaran Online yang telah diisi.
- 1 lembar Slip Asli/print bukti pembayaran pendaftaran jalur PMDP.
- 1 lembar Fotocopy KTP atau KK jika belum memiliki KTP.
- 1 lembar Fotocopy Kartu JKN/BPJS Kesehatan.
- (bagi yang belum memiliki JKN/BPJS Kesehatan dapat dipenuhi setelah dinyatakan sebagai calon mahasiswa baru Poltekkes Kemenkes Palangka Raya Tahun Akademik 2021/2022).
- Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk mengikuti seleksi SIPENMARU Poltekkes Kemenkes Palangka Raya Tahun Akademik 2021/2022 Jalur PMDP jika memiliki prestasi akademik dan/atau prestasi non akademik (minat bakat)
- 1 Rangkap Foto copy nilai rapor semester I s/d V yang dilegalisir pada tiap semester.
- (fotocopy dari sampul depan dan nilai harus terlihat jelas/halaman tidak terpotong) edit
- Surat pernyataan Kepala Sekolah untuk nilai raport dalam bentuk skala 1-4 atau huruf di konversi ke dalam bentuk angka/nilai skala 1-100 (untuk kurikulum 2013).
- Fotocopy sertifikat / piagam penghargaan yang diraih dari instansi yang berwenang yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah (bila ada)
- Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Sekolah.
- Formulir tambahan serta Surat Pernyataan 1 & 2 yang telah diisi (diketik) dan diprint (cetak) serta ditanda tangani di atas materai.
- Surat Keterangan kesehatan dari dokter pemerintah (Rumah Sakit, Puskesmas) meliputi Tinggi Badan (TB), tidak buta warna, serta tidak hamil bagi perempuan.
PERHATIAN Semua Berkas Pendaftaran disusun sesuai urutan dimasukkan ke dalam MAP BATIK yang sudah ditempel Sampul di depan map batik.
Berkas dapat diantarkan langsung (boleh diwakilkan) atau dikirimkan menggunakan ekspedisi pada alamat:
SEKRETARIAT PANITIA SIPENMARU – RUANG ADAK-PSI
POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA
Gedung Direktorat Lt.2
Jl. G. Obos No. 30 Palangka Raya 73111
Kalimantan Tengah – Indonesia
Catatan:
Penerimaan berkas dilaksanakan pada setiap Hari & Jam Kerja
Senin – Kamis
08:00 – 12:00 WIB | 14.00 – 15.00 WIB
Jum’at
08:00 – 10:30 WIB | 14.00 – 15.00 WIB
2. Pendaftaran Jalur Umum/ SIMAMA
Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SIMAMA dilakukan serentak secara online seluruh Indonesia, terdiri dari 38 Politeknik Kesehatan se-Indonesia.
Seleksi ini nantinya akan menggunakan CBT (Computer Based Test), terbuka untuk umum berasal dari lulusan SMA/MA/SMK yang sesuai dengan persyaratan dan latar belakang yang sudah ditentukan.
Melalui Jalur SIMAMA diharapkan dapat menjaring seluruh peserta dari pelosok Nusantara dan para pendaftar pun bebas memilih peminatan Politeknik Kesehatan yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia.
Pendaftar pada Jalur SIMAMA dapat mendaftar Poltekkes lain yang ada di seluruh Indonesia tapi bisa ikut tes masuk di Poltekkes Palangka Raya tanpa harus mengikuti tes di luar Palangka Raya.
Bagi Pendaftar PMDP yang tidak lulus, dapat mengikuti Jalur UMUM / SIMAMA ini.
Persyaratan Umum
- Warga Negara Indonesia
- Lulusan SMA/MA/SMU/Paket C semua Jurusan dapat mendaftar SIMAMA pada seluruh jenis Prodi
- Usia calon peserta maksimal 27 tahun pada awal Tahun Akademik 2021/2022 (1 September 2021). Kecuali peserta Tugas Belajar dan Izin Belajar dapat menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku untuk program tersebut
- Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di Poltekkes dan tidak mengganggu aktivitas kinerja sesuai profesinya
Persyaratan Lulusan SMK
Persyaratan Khusus
- Tinggi Badan (hasil ukur Poltekkes) dengan ketentuan sebagai berikut:
- Jurusan Keperawatan minimal :
- Laki-laki : 155 cm
- Perempuan : 150 cm
- Jurusan Kebidanan minimal :
- Perempuan : 150 cm
- Jurusan Gizi minimal :
- Laki-laki : 150 cm
- Perempuan : 145 cm
- Khusus peserta dengan pilihan program studi Kebidanan adalah perempuan
Persyaratan Administrasi
- Membayar biaya pendaftaran:
- Rp 125.000
- Biaya pendaftaran ditransfer ke masing-masing No Tagihan/Virtual Account (Bank Mandiri) Pendaftar yang tercantum saat mendaftar online.
- Pembayaran dapat dilakukan melalui Teller/Agen BRILink/ATM/SMS Banking/Internet Banking/Mobile Banking. Bukti pembayaran harap digandakan dan disimpan baik-baik
Tata Cara Pendataran
- Peserta melakukan pendaftaran secara online melalui website https://simama-poltekkes.kemkes.go.id/
- Mekanisme Pendaftaran:
- Siapkan file :
- Pas foto baju bebas berkerah, latar berwarna merah, size maks 150KB,
- alamat email aktif,
- NPSN Sekolah (bisa dicari di google),
- NIK dan KK (jika belum punya KTP, NIK bisa dilihat di Kartu Keluarga (KK)),
- Scan File PDF Surat Pernyataan Keaslian Raport maks 200KB [download]
- Scan File PDF Raport maks 200KB per semester [cara kompres raport file pdf <200KB]
- Pilih Buat Akun, isi data yang diminta dan pastikan harus sesuai dan benar, lalu klik Lanjut
- Buat Nama Pengguna dan Kata Sandi, harap diingat jika perlu disimpan.
- Jika sudah memiliki Akun, silahkan pilih Masuk, isi Nama Pengguna dan Kata Sandi, jika lupa klik Lupa Kata Sandi?
- Jika sudah masuk Akun, silahkan pilih Proses Pendaftaran Buka
- Kemudian Pilih Pilihan Program Studi
- Calon Peserta dapat memilih 2 hingga 3 Program Studi dengan cara memilih Lokasi Kampus dan Program Studinya, Peserta dapat mendaftar di Poltekkes lain tetapi dengan mengikuti tes CBT di Poltekkes Palangka Raya dengan minimal memilih 1 Pilihan di Poltekkes Palangka Raya misal pada Pilihan 3.
- Selanjutnya Memilih Lokasi Ujian dan Pastikan Lokasi yang dipilih sudah Benar dan Sesuai karena jika sudah di Simpan tidak dapat di ubah kembali.
- Selanjutnya melakukan Pembayaran Pendaftaran dengan cara klik Cetak untuk mendapatkan No Tagihan/Virtual Account (Bank Mandiri)
- Pembayaran dapat dilakukan melalui Teller/Agen BRILink/ATM/SMS Banking/Internet Banking/Mobile Banking. Bukti pembayaran harap digandakan dan disimpan baik-baik
- PERHATIAN Bagi yang masa Tgl Pembayarannya sudah lewat, silahkan daftar ulang dengan membuat akun baru dengan email baru.
- Lengkapi isian Data Pribadi, Data Orang Tua/Wali, Data Sekolah.
- Selanjutnya silahkan Unggah Raport dan Surat Pernyataan Keaslian Raport (klik di sini untuk download).
- Pastikan seluruh File berupa PDF dan Maksimum ukuran per file 200 KB. Jika sudah di Upload semua silahkan Klik Simpan
- Selanjutnya Input Nilai Raport, pastikan data yang di isi benar-benar Sesuai, lalu Klik Simpan
- Selanjutnya Unggah Foto dengan cara Klik Choose File sesuai Syarat yang ditetapkan
- Selanjutnya Memasuki Bagian Konfirmasi, Pastikan semua Data yang di Unggah sudah Benar dan
- Sesuai semua, Jika sudah Cek List dan klik KIRIM DATA
- Selanjutnya Cetak Kartu Ujian dengan cara Klik Cetak Kartu Ujian sebanyak 2 lembar.
- Lengkapi Berkas Pendaftaran Jalur UMUM/SIMAMA.
- Berkas yang telah lengkap dapat diantarkan/dikirimkan ke alamat Sekretariat SIPENMARU Poltekkes Palangka Raya.
- CATATAN: Bagi Peserta yang Pilihan 1 nya bukan Poltekkes Palangka Raya tidak perlu mengirimkan berkas.
- Mengikuti Tes Tahap I yaitu Tes CBT sesuai jadwal yang telah tertera di Kartu Peserta Ujian
- Jika lolos, maka masuk ke Tahap II yaitu Uji Kesehatan, Psikotes dan Wawancara.
- Jika lolos Tahap II maka melakukan daftar ulang dan melakukan pembayaran biaya pendidikan (SPP).
3. Pendaftaran Jalur Alih Jenjang
Persyaratan Administrasi
- Membayar biaya pendaftaran seleksi :
- Rp 100.000
- Biaya pendaftaran ditransfer ke masing-masing BRI Virtual Account (BRIVA) Pendaftar yang tercantum saat mendaftar online.
- Pembayaran dapat dilakukan melalui Teller/ATM/SMS Banking/Internet Banking/Mobile Banking. Bukti pembayaran harap digandakan dan disimpan baik-baik.
- Akreditasi Program Studi minimal B
- Legalisir Ijazah & Transkrip Nilai Diploma III
- Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku atau Surat Keterangan Perpanjangan STR dari KTKI (jika ada)
- Surat Keterangan Pengalaman Kerja dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan (jika telah bekerja)
- Surat Keterangan persetujuan mengikuti pendidikan dari pimpinan unit kerja (jika telah bekerja)
- Surat Keterangan persetujuan mengikuti pendidikan dari suami/istri bagi yang sudah menikah (ttd di atas materai)
- Surat keterangan tugas belajar/ ijin belajar bagi peserta dari Instansi tempat bekerja (jika telah bekerja)
- Surat pernyataan sanggup menanggung biaya pendidikan dan mentaati peraturan pendidikan.
Kelengkapan Berkas Pendaftaran Jalur Alih Jenjang
Pendaftar diwajibkan melengkapi dan menyerahkan/mengirimkan berkas sebagai berikut:
- Pas Photo 4x6 hitam putih 5 lembar, 3x4 berwarna 2 lembar. (Latar Bebas & Baju Bebas Rapi berkerah)
- 1 lembar Print (cetak) Kartu Peserta Ujian dan Formulir Pendaftaran Online yang telah diisi.
- 1 lembar Slip Asli/print bukti pembayaran pendaftaran jalur Alih Jenjang.
- 1 lembar Fotocopy KTP dan KK
- 1 lembar legalisir Ijazah & Transkrip Nilai Diploma III
- 1 lembar Fotocopy piagam akreditasi program studi (minimal terakreditasi B). (Jika lulusan Poltekkes Palangka Raya tidak perlu dilampirkan)
- 1 lembar Fotocopy Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku atau Surat Keterangan Perpanjangan STR dari KTKI (jika ada)
- Surat Keterangan Pengalaman Kerja dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan (jika telah bekerja)
- Surat Keterangan persetujuan mengikuti pendidikan dari pimpinan unit kerja (jika telah bekerja)
- Surat Keterangan persetujuan mengikuti pendidikan dari suami/istri bagi yang sudah menikah (ttd diatas materai)
- Surat keterangan tugas belajar/ ijin belajar bagi peserta dari Instansi tempat bekerja (jika telah bekerja)
- Surat pernyataan sanggup menanggung biaya pendidikan dan mentaati peraturan pendidikan.
- Fotocopy piagam pelatihan dan/atau pendidikan lain in-service yang dilegalisir pimpinan institusi pada tingkat kabupaten, propinsi, nasional, atau internasional. (jika ada)
- Surat Keterangan kesehatan dari dokter pemerintah (rumah sakit pemerintah, puskesmas) meliputi Tinggi Badan (TB), tidak buta warna, serta tidak hamil bagi perempuan.
- Surat Klarifikasi Lulusan dari Perguruan Tinggi Asal (dicetak dari forlap DIKTI) yang sudah dilegalisir.
4. Pendaftaran Jalur Profesi
Persyaratan Administrasi
- Membayar biaya pendaftaran seleksi :
- Rp 100.000
- Biaya pendaftaran ditransfer ke masing-masing BRI Virtual Account (BRIVA) Pendaftar yang tercantum saat mendaftar online.
- Pembayaran dapat dilakukan melalui Teller/ATM/SMS Banking/Internet Banking/Mobile Banking. Bukti pembayaran harap digandakan dan disimpan baik-baik.
- Lulusan DIV/Sarjana Terapan Kebidanan (Klinik) /S1 Keb dengan akreditasi program studi minimal B
- Legalisir Ijazah & Transkrip Nilai D-IV/Sarjana Terapan/S1 Kebidanan
- Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku atau Surat Keterangan Perpanjangan STR dari KTKI. (jika ada)
- Surat Keterangan Pengalaman Kerja dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan (jika telah bekerja)
- Surat Keterangan persetujuan mengikuti pendidikan dari pimpinan unit kerja (jika telah bekerja)
- Surat Keterangan persetujuan mengikuti pendidikan dari suami/istri bagi yang sudah menikah (ttd di atas materai)
- Surat keterangan tugas belajar/ ijin belajar bagi peserta dari Instansi tempat bekerja (jika telah bekerja)
- Surat pernyataan sanggup menanggung biaya pendidikan dan mentaati peraturan pendidikan.
Kelengkapan Berkas Pendaftaran Jalur Profesi
Pendaftar diwajibkan melengkapi dan menyerahkan/mengirimkan berkas sebagai berikut:
- Pas Photo 4x6 hitam putih 5 lembar, 3x4 berwarna 2 lembar. (Latar Bebas & Baju Bebas Rapi berkerah)
- 1 Lembar Print (cetak) Kartu Ujian dan Formulir Pendaftaran Online yang telah diisi.
- 1 lembar Slip Asli/print bukti pembayaran pendaftaran jalur Profesi.
- 1 lembar Fotocopy KTP dan KK
- 1 lembar legalisir Ijazah & Transkrip Nilai D-IV/Sarjana Terapan/S1 Kebidanan
- 1 lembar Fotocopy piagam akreditasi program studi (minimal terakreditasi B) (Jika lulusan Poltekkes Palangka Raya tidak perlu dilampirkan)
- 1 lembar Fotocopy Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku atau Surat Keterangan Perpanjangan STR dari KTKI. (jika ada)
- Surat Keterangan Pengalaman Kerja dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan (jika telah bekerja)
- Surat Keterangan persetujuan mengikuti pendidikan dari pimpinan unit kerja (jika telah bekerja)
- Surat Keterangan persetujuan mengikuti pendidikan dari suami/istri bagi yang sudah menikah (ttd diatas materai)
- Surat keterangan tugas belajar/ ijin belajar bagi peserta dari Instansi tempat bekerja (jika telah bekerja)
- Surat pernyataan sanggup menanggung biaya pendidikan dan mentaati peraturan pendidikan.
- Fotocopy piagam pelatihan dan/atau pendidikan lain in-service yang dilegalisir pimpinan institusi pada tingkat kabupaten, propinsi, nasional, atau internasional. (jika ada)
- Surat Keterangan kesehatan dari dokter pemerintah (rumah sakit pemerintah, puskesmas) meliputi Tinggi Badan (TB), tidak buta warna, serta tidak hamil bagi perempuan.
- Surat Klarifikasi Lulusan dari Perguruan Tinggi Asal (dicetak dari forlap DIKTI) yang sudah dilegalisi
Untuk informasi lebih jelas mengenai Pendaftaran Poltekkes Palangkaraya, anda dapat mengakses alamat website resmi Poltekkes Palangkaraya untuk mencari informasi lebih jelas mengenai pendaftaran https://poltekkes-palangkaraya.ac.id/
Sekian informasi yang bisa admin sampaikan mengenai Pendaftaran Poltekkes Palangkaraya 2023/2024. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan bagi anda yang akan melakukan proses pendaftaran masuk ke Poltekkes Palangkaraya Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga anda sukses.