Pendaftaran PNJ 2024/2025

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Jakarta 2024Pendaftaran Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) 2024, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), SPMB Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Informasi Pendaftaran Online Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Jalur Masuk Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Jalur PMDK Akademik, Jalur SMB / Jalur Ujian Tertulis, Jalur PMDK Bidikmisi, Cara Pendaftaran Online PNJ, Pendaftaran Online PNJ, Syarat Masuk PNJ.

Kali ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran PNJ 2024/2025, dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga dapat membantu anda dalam proses pendaftaran anda nantinya. Untuk informasi lebih jelas mengenai Pendaftaran PNJ, mari kita simak pembahasan berikut ini.

http://pmbpt.blogspot.co.id/

Sedikit mengenai Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) 

Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang terdapat di areal kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Indonesia.

Untuk anda yang akan melanjutkan kuliahnya di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), ada baiknya anda dapat mencari informasi mengenai Jurusan dan Program Studi yang akan anda abil sesuai keinginan dan minat anda dari awal. 


Setelah anda memilih Jurusan dan Program Studi sesuai keinginan anda, selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran PNJ. Untuk Penerimaan Mahasiswa Baru yang di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) ada beberapa jalur seleksi diantaranya jalur PMDK-PN, Jalur UMPN, Jalur Ujian Mandiri, Jalur Kerjasama, Jalur Program Magister Terapan. 

Anda dapat memilih jalur pendaftaran tersebut, dengan mempersiapkan persyaratan yang telah ditentukan pada setiap jalur pedaftaran. Untuk lebih jelas mengenai jalur-jalur seleksi di PNJ, mari kita simak pembahasan berikut ini.

1. Pendaftaran Jalur PMDK-PN PNJ 

PMDK-PN merupakan penerimaan jalur undangan yang diperuntukkan bagi siswa SLTA yang akan melanjutkan pendidikan di Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Para pendaftar harus memperhatikan jadwal bukan saja yang telah ditentukan oleh Panitia PMDK-PN, tetapi juga oleh Politeknik Negeri Jakarta, karena ada ketentuan yang bersifat khusus yang harus diikuti oleh para pemilih PNJ sebagai pilihan pertama. Pada tahun 2018, PNJ menerima mahasiswa baru Bidikmisi melalui jalur PMDK-PN

Untuk anda yang ingin melakukan Pendaftaran PMDK-PN ini, anda dapat melakukan pendaftarannya secara online melalui alamat website pmdk.politeknik.or.id. Silahkan akses alamat tersebut untuk melakukan pengisian data pendaftaran secara benar dan mencatak kartu tanda peserta PMDK-PN.

Untuk Informasi lebih lengkap mengenai Pendaftaran PMDK-PN dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran PMDK-PN

2. Pendaftaran Jalur UMPN PNJ

Penerimaan mahasiswa baru jalur Ujian Masuk Politeknik Nasional (UMPN) merupakan pola penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri yang dilaksanakan secara serempak seluruh politeknik negeri di Indonesia.

Penerimaan dilaksanakan secara nasional, namun pendaftaran mahasiswa baru menggunakan sistem penerimaan masing-masing politeknik. Melalui jalur ini siswa diseleksi berdasarkan kemampuan akademis (ujian tulis), dan tes kekhususan bagi pemilih program studi tertentu.

Bagi anda yang ingin melakukan pendaftaran jalur UMPN, ada baiknya anda dapat mengetahui informasi mengenai persyaratan pendaftaran, tata cara melakukan pendaftara UMPN yaitu sebagai berikut.

Persyaratan Umum
  • Warga Negara Indonesia.
  • Warga Negara Asing dengan izin tertulis dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen DIKTI).
  • Lulusan SMA, MA, atau SMK sesuai dengan jurusan yang dipilih.
  • Mampu mengikuti semua kegiatan pendidikan di Politeknik (teori dan praktik).
  • Bebas Narkoba (untuk seluruh jurusan yang ditawarkan di Politeknik Negeri Jakarta).

Tata Cara Pendaftaran OnLine Jalur UMPN
  • Buka website penerimaan mahasiswa baru PNJ dengan alamat : http://penerimaan.pnj.ac.id
  • Setelah anda membuka website Penerimaan PNJ, langkah awal anda dapat klik isi formulir pendaftaran atau melalui http://penerimaan.pnj.ac.id/index.php/umpn/formulir
  • Pastikan kembali anda mengisi data nomor handphone dan alamat email (surel) pada formulir pendaftaran dengan benar. PNJ akan memberikan informasi-informasi penting via Short Message Service (SMS) agar anda dapat dengan mudah mendapat berita dari kami.
  • Isi Formulir tersebut dengan akurat dan sesuai dengan data asli, apabila ternyata dikemudian hari ditemukan perbedaan antara data online dan data fisik, maka otomatis anda DIGUGURKAN secara sepihak oleh PNJ
  • Setelah dilakukan pengisian formulir pendaftaran, maka formulir pendaftaran akan divalidasi secara otomatis dan calon mahasiswa baru akan langsung diberikan akun berupa username dan password. Pemberian username dan password juga dilakukan melalui SMS. Silahkan anda simpan data akun anda.
  • Setelah mendapatkan akun(username dan password), selanjutnya klik Login untuk melengkapi biodata yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru.
  • Kemudian lakukan “UPLOAD PHOTO” untuk melakukan pengunggahan pas foto berwarna dengan ukuran 4 x 6 atau minimal berukuran 400 x 600 pixel dengan format JPEG. Foto yang sudah diupload akan dilakukan proses approval oleh operator PNJ dan bila foto tidak sesuai maka akan dikirimkan notifikasi melalui SMS.
  • Setelah pengisian biodata sukses, dilanjutkan dengan melakukan pembayaran formulir pendaftaran berdasarkan jumlah pilihan yang diambil oleh calon mahasiswa (Sejumlah nominal yang diberitahukan oleh system penerimaan PNJ). Pembayaran dapat dilakukan melalui Teller / ATM / Internet Banking diseluruh cabang Bank Mandiri online dengan menyebutkan kode uni­versitas (10025 untuk Politeknik Negeri Jakarta) dan username (8 digit).
  • Setelah transaksi pembayaran dilakukan, silahkan menunggu notifikasi melalui SMS paling lama 1x24 jam (untuk hari kerja, kecuali pada hari Jumat apabila transaksi dilakukan diatas jam 3 sore maka notifikasi akan dikirimkan hari Senin). Apabila proses pembayaran sudah berhasil, silahkan melakukan login dengan akun anda (username dan password) untuk melihat status pembayaran formulir.
  • Apabila proses seleksi administrasi telah berhasil, anda diminta untuk login kembali kedalam web­site penerimaan untuk melakukan cetak (print out) KARTU PESERTA UJIAN, kartu ini wajib dicetak dengan menggunakan printer warna dengan kualitas baik.
  • Anda diwajibkan membawa KARTU PESERTA UJIAN saat mengikuti ujian masuk PNJ beserta tanda pengenal.
3. Pendaftaran Jalur Ujian Mandiri PNJ

Jalur Ujian Mandiri (UM) merupakan penerimaan jalur terakhir dari rangkaian penerimaan mahasiswa baru PNJ. Ada perbedaan antara penerimaan jalur UM-PNJ dengan jalur sebelumnya, yaitu peserta hanya dapat memilih Uang Kuliah Tunggal (UKT) Kelompok V s.d. VIII, dan tidak disediakan kuota untuk UKT Kelompok I dan II. Melalui jalur ini siswa diseleksi berdasarkan kemampuan akademis dan tes kekhususan bagi pemilih program studi tertentu.

4. Pendaftaran Jalur Kerjasama PNJ

Selain menerima mahasiswa baru reguler, Politeknik Negeri Jakarta juga menerima mahasiswa baru program kerjasam dengan beberapa lembaga/ industri. Beberapa penerimaan mahasiswa baru kerjasama dilakukan dengan pola yang berbeda, karena terkait dengan persyaratan/ kualifikasi mahasiswa baru yang dibutuhkan pihak industri/ lembaga.

5. Pendaftara Program Magister Terapan PNJ

Magister Terapan Teknik Elektro (MTTE) - Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) merupakan Program S2 Terapan Bidang Rekayasa Tenaga Listrik, Rekayasa Sistem Kontrol Industri dan Rekayasa Broadband Communication.

Tujuan program ini adalah mendidik mahasiswa agar memiliki kemampuan serta kepakaran dalam mengembangkan rekayasa teknik elektro dan menghasilkan riset-riset yang dapat menopang pembelajaran dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Persyaratan Pendaftaran
  • Sarjana (D4/S1) lulusan Program Studi dalam cakupan bidang keilmuan yang sesuai dengan program yang akan dimasuki
  • Mengikuti Test Potensi Akademik (TPA), TOEFL, Wawancara di PNJ
  • Mengisi formulir Pendaftaran secara Online.
  • Membayar biaya pendaftaran 
Persyaratan Mengikuti Ujian Tulis dan Wawancara
  • Membawa kartu ujian
  • Membawa pencil 2B dan penghapus
  • Menyampaikan ide materi penelitian (pada saat wawancara)
  • Peserta sudah hadir di ruang ujian 15 menit sebelum pukul 8.00 wib
  • Membawa Kartu Identitas sesuai dengan Kartu Peserta Ujian
Itulah informasi mengenai Jalur penerimaan mahasiswa baru yang ada di PNJ, dan untuk anda yang belum jelas mengenai pendaftaran PNJ. Anda dapat mencari informasi lebih lengkap mengenai pendaftaran PNJ tersebut di alamat website resmi yaitu http://penerimaan.pnj.ac.id/ atau bisa menghubungi kontak di bawah ini

 Call Center
  • 021-7270036 ext 217 (Humas)
  • 021-7270044 (Akademik)
  • 021-7864928 (Pusdatin)
  • humas@pnj.ac.id
  • akademik@pnj.ac.id
  • pusdatin@pnj.ac.id
Alamat :
Jl. Prof. DR. G.A. Siwabessy, Kampus Universitas Indonesia Depok 16425

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi tentang pendaftaran Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) 2024/2025, yang telah admin berikan dapat memberikan kemudahan dalam proses pendaftaran. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga anda lulus dan diterima di Politeknik yang anda inginkan selama ini. Sekian dari admin dan salam sukses.