Pendaftaran PENS 2020/2021

Pendaftaran PENS 2020, Pendaftaran Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) 2020, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), SPMB Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Syarat Masuk PENS, Cara Masuk PENS, Pendaftaran Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) 

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran PENS 2020/2021. Dengan adanya informasi ini, semoga dapat membantu anda yang akan mendaftar sebagai calon mahasiswa baru di PENS. Mari kita simak informasi berikut ini.

https://www.pendaftaranonlinemahasiswabaru.web.id/

Sedikit mengenai sejarah PENS 

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) atau Electronics Engineering Polytechnic Institute of Surabaya (EEPIS) , adalah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya secara resmi berdiri sejak tahun 1988. Sebagai sebuah perguruan tinggi politeknik, PENS menyelenggarakan pendidikan vokasi / terapan yang lebih banyak berorientasi pada praktik ketimbang teori. PENS adalah satu-satunya politeknik yang mengkhususkan diri pada bidang teknik elektro.

Untuk memasuki bangku kuliah di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), sebaiknya mencari tahu fakultas dan jurusan apa yang anda akan pilih nantinya di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Pada saat ini, PENS memiliki beberapa Program Studi yaitu sebagai berikut :

  • Teknik Elektronika
  • Teknik Telekomunikasi
  • Teknik Elektro Industri
  • Teknik Informatika
  • Teknik Mekatronika
  • Teknik Komputer
  • Teknologi Multimedia Broadcasting
  • Sistem Pembangkitan Energi
  • Teknologi Game.
Itulah beberapa program studi yang ada di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Mungkin ada salah satu yang anda inginkan. Untuk itu, silahkan daftarkan diri anda melalui berbagai jalur yang dibuka.

Pada tahun ini PENS membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur PMDK-PN, UMPN, SIMANDIRIPENS, D4 Kerjasama PENS - AKATEL, D4 Kerjasama PENS - POLIBAN, D4 LJ PJJ, D1 CC, D3 Kerjasama AK, D3 Kerjasama CC, LJ, Bidikmisi, dan Program Pascasarjana.

Untuk anda yang ingin melakukan pendaftaran di PENS, ada baiknya anda dapat mengetahui informasi mengenai persyaratan pendaftaran beberapa jalur seleksi yaitu sebagai berikut.

1. Pendaftaran Jalur PMDK-PN PENS

PMDK-PN merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke Politeknik Negeri di Indonesia. Jalur PMDK-PN ini hanya diberikan kepada siswa yang memiliki prestasi akademik yang unggul di sekolahnya serta memiliki prestasi lainnya.

Untuk anda yang ingin mengikuti jalur Pendaftaran PMDK-PN PENS ini, anda dapat dilakukan pendaftarannya secara on-line melalui alamat website www.pmdk.politeknik.or.id. Untuk mendaftar, peserta terlebih dahulu harus mendapatkan surat rekomendasi dari sekolah. kemudian peserta bisa melakukan pendaftaran.

Untuk Informasi lebih lengkap mengenai Pendaftaran PMDK-PN seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, daftar Politeknik se-Indonesia, dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran PMDK-PN

2. Pendaftaran Jalur UMPN PENS

UMPN atau Ujian masuk Politeknik Negeri merupakan jalur ujian tertulis untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. UMPN dilaksanakan secara bersamaan oleh Politeknik se-Indonesia.

Sebelum anda melakukan pendaftaran UMPN, terlebih dahulu anda dapat mempersiapkan persyaratan pendaftaran UMPN yaitu sebagai berikut.

  • Lulusan SMTA (SMA,MA, SMK, SMTA Luar Negeri, ujian persamaan, Lulus Paket C, dsb)
  • Mempunyai kesehatan fisik yang tidak menganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya (sebagai contoh untuk program studi yang di dalam belajarnya diperlukan kemampuan membedakan warna, tidak boleh buta warna)
  • Usia maksimum 21 tahun 

Apabila anda ingin mengikuti pendaftaran jalur UMPN, ada baiknya anda dapat mengikuti tata cara pendaftaran UMPN sebagai berikut.

  • Anda dapat melakukan pendaftaran UMPN PENS dengan mengakses alamat situs resmi yaitu https://pmb.pens.ac.id/umpn/
  • Peserta lakukan pendaftaran tahap pertama dan mencetak tanda bukti bahwa telah melakukan pendaftaran tahap pertama.
  • Setelah selesai tahap pertama, peserta wajib membayar biaya pendaftaran di Bank.
  • Kemudian mengakses kembali alamat website https://pmb.pens.ac.id/umpn/
  • Selanjutnya peserta mengisi data formulir pendaftaran online secara benar.
  • Setelah selesai mengisi formulir secara benar, kemudian  cetaklah kartu peserta UMPN
  • Bawalah kartu pada saat ujian tertulis
Materi Test UMPN adalah :
  • Matematika 
  • Fisika
  • Bahasa Indonesia 
  • Bahasa Inggris 
Test Bakat Artistik: Khusus bagi yang memilih Prodi MMB, pelaksanaannya setelah test tulis mata pelajaran di atas.

3. Pendaftaran Jalur SIMANDIRI PENS

SIMANDIRI PENS atau Seleksi Mandiri Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dimaksudkan untuk memilih calon mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di Politeknik sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan. Pada jalur ini, peserta tidak dapat mengajukan beasiswa BIDIKMISI.

Berikut ini adalah persyaratan pendaftaran jalur SIMANDIRI PENS, apabila anda mengikuti jalur SIMANDIRI PENS ini. Anda harus mengikuti persyaratannya yaitu sebagai berikut

  • Lulusan SMTA (SMA,MA, SMK, SMTA Luar Negeri, ujian persamaan, Lulus Paket C)
  • Mempunyai kesehatan fisik yang tidak menganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya (sebagai contoh untuk program studi yang di dalam belajarnya diperlukan kemampuan membedakan warna, tidak boleh buta warna)
  • Usia maksimum 21 tahun per 1 September 2018
Untuk anda yang ingin mengikuti jalur pendaftaran SIMANDIRI PENS, anda dapat mengikuti tata cara pendaftaranya sebagai berikut.

  • Anda dapat melakukan pendaftara SIMANDIRI secara Online dengan mengakses alamat situs resmi di alamat http://simandiri.pens.ac.id.
  • Jika anda sudah mempunyai Kode Transaksi Bank, silahkan masukkan kode tersebut kemudian klik tombol Login, namun jika belum mempunyai Kode Transaksi Bank, maka Siswa HARUS melakukan Registrasi Awal, dengan melengkapi data diri anda.
  • Anda yang sudah mempunyai Kode Transaksi Bank dan sudah membayar biaya Pendaftaran SIMANDIRI Online, maka dapat melanjutkan ke tahap Pengisian Data Pendaftar, dan HARUS segera melengkapi formulir pendaftaran yang dibutuhkan
  • Setelah anda selesai mengisi formulir Pengisian Data Pendaftar, dan memastikan bahwa data yang diisikan sudah benar, maka anda HARUS melakukan FINALISASI dengan meng- klik tombol Simpan Final (Data yang sudah difinalisasi tidak dapat dirubah kembali) . Jika berhasil melakukan FINALISASI, maka anda dapat mencetak Kartu Peserta Ujian SIMANDIRI yang nantinya Wajib dibawa waktu Ujian dan Daftar Ulang. 
4. Pendaftaran Online D3 Kerjasama AK

Membekali mahasiswa dengan kemampuan mengembangkan dan memelihara sistem informasi berbasis komputer pada lingkungan bisnis dan manufaktur. Kompetensi prodi ini meliputi: Basis data, Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, jaringan komputer dan multimedia

Untuk anda yang ingin melakukan pendaftaran jalur  D3 Kerjasama AK, ada baiknya anda dapat mempersiapkan Persyaratan Pendaftaran  D3 Kerjasama AK yaitu sebagai berikut.

  • Lulusan D2 Akademi Komunitas (AK) Teknologi Informasi dan Multimedia.
  • Memiliki akses internet.
  • IPK D2 AK mininal 2,75
Tata Cara Pendaftaran

  • Anda dapat melakukan registrasi tahap awal di alamat website resmi yaitu http://pmb.eepis-its.edu/daftar
  • Meng-generate Kode trasaksi
  • Melakukan pembayaran di bank mandiri dengan menyeratakan kode trasaksi yang telah di generate
  • Kemudian login ke halaman http://pmb.eepis-its.edu/daftar dengan menggunakan kode trasaksi yang telah dibayarkan memlalui bank mandiri
  • Kemudian mengisi form pendaftaram
  • Selanjutnya mencetak kartu peserta ujian
  • Peserta melakukan ujian tertulis dengan membawa persyaratan
  • Kertu identitas (KTP/SIM)
  • Ijazah asli/SKL/foto copy ijazah yang sudah dilegalisir
5. Pendaftaran Jalur Program PJJ

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) membuka pendaftaran mahasiswa Program Studi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) PENS, untuk Program Studi: D3 PJJ Teknik Informatika dan D4 PJJ Teknik Telekomunikasi. Program Studi PJJ Teknik Informatika PENS telah mendapatkan SK perijinan penyelenggaraan program PJJ pada lingkup Program Studi D3 PJJ Teknik Informatika dengan SK Nomor 62/M/KPT/2017, dan Program Studi D4 PJJ Teknik Telekomunikasi dengan SK Nomor 184/M/KPT/2017

Persyaratan Pendaftaran 

  • Lulusan SMK/SMA/MA Sederajat.
  • Mempunyai Akses Koneksi Internet dan perangkat PC/Laptop.
Tata Cara Pendaftaran

  • Anda dapat melakukan registrasi tahap awal di alamat website resmi yaitu http://pmb.eepis-its.edu/daftar
  • Meng-generate Kode trasaksi
  • Melakukan pembayaran di bank mandiri dengan menyeratakan kode trasaksi yang telah di generate
  • Kemudian login ke halaman http://pmb.eepis-its.edu/daftar dengan menggunakan kode trasaksi yang telah dibayarkan memlalui bank mandiri
  • Kemudian mengisi form pendaftaram
  • Selanjutnya mencetak kartu peserta ujian
  • Peserta melakukan ujian tertulis dengan membawa persyaratan
  • Kertu identitas (KTP/SIM)
  • Ijazah asli/SKL/foto copy ijazah yang sudah dilegalisir
6. Pendaftaran Program Pascasarjana PENS

Program Pascasarjana Politeknik Elektronika Negeri Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru tahun 2018 bagi Program Magister Terapan Teknologi Rekayasa pada 2 Program Studi melalui beberapa jalur masuk sebagai berikut.

Program Studi

  • Magister Terapan Teknik Elektro
  • Magister Terapan Teknik Informatika dan Komputer
Jalur Masuk Program Pascasarjana

A. Jalur Mandiri

  • Biaya sendiri
  • Lulus tes masuk

Syarat Masuk

  • Sarjana (D4/S1) lulusan Program Studi dalam cakupan bidang keilmuan yang sesuai dengan Program yang akan dimasuki.
  • IPK D4/S1 minimal 2.8
  • Bahasa Inggris memiliki nilai TOEFL ITP min. 450 dari institusi yang diakui oleh PENS atau nilai E-TEFL PENS.
  • Tes Potensi Akademik (TPA) memiliki nilai min. 400
  • Mengikuti tes masuk TPA dan Tes English (E-TEFL PENS) di PENS bagi yang belum memenuhi syarat nilai min. TPA dan Bahasa Inggris.
  • Mengisi formulir pendaftaran dan disertai dokumen lampiran yang diperlukan.
  • Membayar biaya pendaftaran 

Syarat Dokumen

  • Salinan ijazah D4/S1 yang telah dilegalisir (bagi yang telah lulus) atau Surat Keterangan Lulus (bagi yang telah dinyatakan lulus dan diserahkan saat FRS)
  • Salinan transkrip akademik yang telah dilegalisir (bagi yang telah lulus), atau Raport (transkrip sementara) Semester 1-7 (bagi yang akan lulus)
  • Fotokopi KTP (NIK)
  • Surat keterangan sehat dari Dokter
  • Foto berwarna 4cm x 6cm sebanyak 1 lembar (foto terbaru)
  • Sertifikat TOEFL ITP atau E-TEFL PENS
  • Sertifikat Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Bukti pembayaran biaya pendaftaran
  • Mengisi secara online untuk Form Data Calon Mahasiswa
  • Mengisi Form Rencana Penelitian 
  • Mengisi Form Rekomendasi 
  • Mengisi Form Persetujuan Atasan bagi yang sudah bekerja

B. Jalur Beasiswa PENS

Untuk mendorong semangat mahasiswa dalam belajar dan berprestasi, Program Pascasarjana PENS menyediakan beasiswa bagi mahasiswa PENS yang berprestasi lulusan Program sarjana Terapan (D4) untuk menempuh program S2 Terapan di PENS pada Program Studi Teknik Informatika & Komputer dan Program Studi Teknik Elektro, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Mahasiswa lulusan Program Sarjana Terapan (D4) PENS
  • IPK minimal 3.5
  • Berprestasi akademik/non-akademik skala nasional/internasional
  • Beasiswa berupa bebas uang SPP per semester
  • Lulus tes masuk

Syarat Masuk

  • Sarjana Program Sarjana Terapan (D4) lulusan Program Studi di PENS dalam cakupan bidang keilmuan yang sesuai dengan Program Studi S2 Terapan yang akan dimasuki.
  • IPK minimal 3.5
  • Bahasa Inggris memiliki nilai TOEFL ITP min. 450 dari institusi yang diakui oleh PENS atau nilai E-TEFL PENS.
  • Tes Potensi Akademik (TPA) memiliki nilai min. 400
  • Mengikuti tes masuk TPA dan Tes English (E-TEFL PENS) di PENS bagi yang belum memenuhi syarat nilai min. TPA dan Bahasa Inggris.
  • Mengisi formulir pendaftaran dan disertai dokumen lampiran yang diperlukan.
  • Membayar biaya pendaftaran

Syarat Dokumen

  • Salinan ijazah D4/S1 yang telah dilegalisir (bagi yang telah lulus) atau Surat Keterangan Lulus (bagi yang telah dinyatakan lulus dan diserahkan saat FRS)
  • Salinan transkrip akademik yang telah dilegalisir (bagi yang telah lulus), atau Raport (transkrip sementara) Semester 1-7 (bagi yang akan lulus)
  • Fotokopi KTP (NIK)
  • Surat keterangan sehat dari Dokter
  • Foto berwarna 4cm x 6cm sebanyak 1 lembar (foto terbaru)
  • Sertifikat TOEFL ITP atau E-TEFL PENS
  • Sertifikat Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Bukti pembayaran biaya pendaftaran
  • Mengisi secara online untuk Form Data Calon Mahasiswa
  • Mengisi Form Rencana Penelitian 
  • Mengisi Form Rekomendasi 
  • Mengisi Form Persetujuan Atasan bagi yang sudah bekerja 

C. Jalur Beasiswa BUDI-DN
  • Diperuntukkan bagi dosen tetap pada perguruan tinggi dan tenaga kependidikan tetap pada perguruan tinggi negeri di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, PNS kantor Kopertis, dan PNS kantor pusat Ditjen Pendidikan Tinggi.
  • Harus mendaftarkan diri sebagai calon penerima BPPDN ke DIKTI secara online.
  • Beasiswa disediakan oleh DIKTI yang meliputi SPP, biaya hidup dan biaya penelitian.
  • Lulus tes masuk
Syarat Masuk
  • Sarjana (D4/S1) lulusan Program Studi dalam cakupan bidang keilmuan yang sesuai dengan Program yang akan dimasuki.
  • IPK D4/S1 minimal 2.8
  • Bahasa Inggris memiliki nilai TOEFL ITP min. 450 dari institusi yang diakui oleh PENS atau nilai E-TEFL PENS.
  • Tes Potensi Akademik (TPA) memiliki nilai min. 400
  • Mengikuti tes masuk TPA dan Tes English (E-TEFL PENS) di PENS bagi yang belum memenuhi syarat nilai min. TPA dan Bahasa Inggris.
  • Mengisi formulir pendaftaran dan disertai dokumen lampiran yang diperlukan.
  • Membayar biaya pendaftaran 
Syarat Dokumen
  • Salinan ijazah D4/S1 yang telah dilegalisir (bagi yang telah lulus) atau Surat Keterangan Lulus (bagi yang telah dinyatakan lulus dan diserahkan saat FRS)
  • Salinan transkrip akademik yang telah dilegalisir (bagi yang telah lulus), atau Raport (transkrip sementara) Semester 1-7 (bagi yang akan lulus)
  • Fotokopi KTP (NIK)
  • Surat keterangan sehat dari Dokter
  • Foto berwarna 4cm x 6cm sebanyak 1 lembar (foto terbaru)
  • Sertifikat TOEFL ITP atau E-TEFL PENS
  • Sertifikat Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Bukti pembayaran biaya pendaftaran
  • Mengisi secara online untuk Form Data Calon Mahasiswa
  • Mengisi Form Rencana Penelitian 
  • Mengisi Form Rekomendasi 
  • Mengisi Form Persetujuan Atasan bagi yang sudah bekerja
7. Pendaftaran Jalur Ikatan Dinas PLN

Program Diploma 3 Kerjasama PLN (D3KPLN) merupakan salah satu program penerimaan mahasiswa baru PENS dengan fasilitas ikatan dinas yang merupakan kerjasama antara PT. PLN(Persero) dengan PENS dalam menyiapkan sumber daya manusia yang sesuai dengan standart kompetensi yang di butuhkan oleh PT. PLN sehingga lulusannya akan mendapat mendapat jaminan kerja di PT. PLN sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan pada saat proses pendidikan.

Persyaratan Saat Pendaftaran
  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Lulus Ujian seleksi penerimaan.
  • Usia tidak lebih dari 21 tahun 
  • Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan.
  • Tidak memiliki ketunaan yang dapat mengganggu kelancaran studi atau pekerjaan.
  • Berbadan sehat dan tidak buta warna (surat keterangan dokter).
  • Tidak bertato atau bertindik bagi laki-laki.
  • Lulusan SMU/MA jurusan IPA atau lulusan SMK Jurusan Teknik.
  • Unggah file foto berwarna berseragam sekolah ukuran 4x6 (ukuran file maksimal 100Kb)
  • Bersedia ditempatkan pada seluruh unit PT. PLN di seluruh Indonesia.
Persyaratan Setelah Dinyatakan Lulus Ujian
  • Foto copy Ijazah / Surat Keterangan Lulus yang dilegalisir.
  • Foto copy hasil Ujian Nasional yang dilegalisir.
  • Surat Keterangan Dokter yang menyatakan Tidak Buta Warna
  • Bebas Narkoba, dinyatakan dengan surat keterangan bermaterai dari yang bersangkutan.
  • Melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
Catatan:
  • Mahasiswa Program ini setelah lulus pendidikan langsung DITERIMA SEBAGAI PEGAWAI PT. PLN (PERSERO) setelah menjalani DIKLAT PRAJABATAN.
  • Mahasiswa wajib melaksanakan magang kerja di instalasi milik PT. PLN (Persero).
Untuk anda yang belum jelas mengenai jalur pendaftaran di PENS, anda dapat mencari informasi lebih lengkapnya dengan mengekses alamat website resmi yaitu http://pmb.pens.ac.id/

Sekian informasi yang dapat admin berikan mengenai Pendaftaran PENS 2020/2021, dengan adanya informasi yang admin berikan ini semoga dapat membantu anda dalam memilih jalur pendaftaran yang anda inginkan. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan semoga anda diterima.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.